Kisah Fernando Pamungkas Lolos Garuda Select Usai Kirim CV ke Dennis Wise

Ada kisah menarik yang mewarnai perjuangan Fernando Pamungkas, agar bisa membela skuat Garuda Select II.

Fernando Pamungkas merupakan gelandang jebolan SSB Sasana Bhakti yang tiba-tiba lolos program Garuda Select II, tahun lalu.

Padahal pada musim kedua lalu, seluruh pemain Garuda Select II diambil dari klub yang berlaga di Elite Pro Academy Liga 1.

Sebut saja Bagus Kahfi dari Barito Putera, Brylian Aldama dari Persebaya Surabaya, atau Rafli Asrul dari klub PSM Makassar.

Seluruh pemain mengikuti seleksi di Jakarta, sebelum akhirnya pemain terpilih berangkat ke Inggris dan Italia bersama Dennis Wise. Namun, Fernando Pamungkas memiliki kisah yang berbeda dari pemain lainnya.

“Kalau Garuda Select II semua pemainnya dari Elite Pro, saya beda dari yang lain,” ujar pemain yang akrab disapa Nando tersebut.

“Ada satu pelatih yang ngasih CV saya ke Coach Dennis, terus ia tertarik sama saya, akhirnya saya dibawa ke Inggris untuk trial.”

Meski harus trial di Eropa, namun Fernando cepat beradaptasi dengan lingkungan yang dingin, ia juga tak mengalami kendala saat bermain dengan seniornya, Bagus Kahfi dkk.

“Trial tiga minggu, lama-lama saya disuruh bertahan di sana selama lima bulan, dan akhirnya sampai season III dipanggil lagi.”

“Nggak nyangka saya bisa sampai ke Eropa, bermain sama pemain Timnas juga, Bagus, Brylian sama David Maulana, itu pengalaman berharga, melawan tim-tim besar di sana.”

Meski kalah saing dari Brylian Aldama dan David Maulana di Garuda Select II, namun Fernando Pamungkas jadi andalan Coach Dennis Wise saat bermain di angkatan III.

Bahkan, Fernando Pamungkas juga turut melesakkan gol ke gawang Crystal Palace U-17, dan membawa skuat Garuda Select menang 5-3 atas tim Inggris tersebut.

Pulang ke Indonesia, Fernando Pamungkas langsung dikontrak oleh Persebaya Surabaya dengan durasi hingga 5 tahun, dan membuka peluang untuknya main di Liga 1 2021 nanti.