2 Agenda Besar Timnas Indonesia Tahun Ini: Ujian Baru Shin Tae-yong

Usai sudah gelaran Kualifikasi Zona Asia yang diikuti Indonesia. Hasilnya belum memuaskan, namun secercah harapan itu tetap ada menyambut dua ajang internasional bergengsi lainnya tahun 2021 ini.

Timnas Indonesia telah menuntaskan perjuangannya di dengan hasil satu kali seri dan tujuh kali kalah yang membuat mereka mendekam di dasar klasemen Grup G dengan satu poin.

Dari delapan penampilan, Tim Garuda juga hanya mampu mengemas lima gol dan kebobolan 27 kali. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menatap positif hasil yang didapat.

“Mayoritas pemain muda telah memberikan warna baru untuk Timnas Indonesia meski belum meraih hasil maksimal,” kata Mochamad Iriawan dinukil dari situs PSSI.

Adapun masih ada sedikitnya dua turnamen internasional yang akan diikuti Timnas Indonesia. Mochamad Iriawan optimistis Timnas Indonesia bisa menunjukkan perbaikan.

“Tim ini disiapkan untuk ajang , 2021, dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini,” ungkap pria yang karib disapa itu.

Turnamen ini awalnya dijadwalkan berlangsung dari 23 November hingga 31 Desember 2020. Namun ditunda dan dijadwal ulang setidaknya dua kali karena pandemi COVID-19.

Setelah dijadwalkan ulang untuk berjalan dari 11 April hingga 8 Mei 2021, Piala diundur lagi menjadi 5–31 Desember 2021. Undian babak grup rencananya digelar antara 5 sampai 10 Agustus.

Sayang, kejelasan mengenai tanggal SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, masih abu-sabu. Pada Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) yang berlangsung virtual pada Rabu (9/6/2021), tuan rumah mengusulkan penundaan.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan NOC Vietnam menyampaikan keinginan untuk menunda SEA Games edisi ke-31 ini ke pertengahan tahun depan. Vietnam mengusulkan pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara ini dilaksanakan pada medio Mei atau Juni 2022.

Alasan penundaan dikarenakan kasus COVID-19 di Vietnam tengah meningkat. Namun, tujuh dari 11 negara peserta SEAGF yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand menolak usulan tersebut. Myanmar setuju penundaan SEA Games 2021. Sedangkan Laos dan Timor Leste mengikuti apa pun keputusan yang ditetapkan SEAGF.

Pada 2022, Indonesia setidaknya bakal mengikuti tiga multievent olahraga, yaitu Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Bangkok, Islamic Solidarity Games (ISG) Konya, serta Asian Games Hangzhou. Oleh karena itu, penundaan SEA Games 2021 ditolak tegas.

Adapun Timnas Indonesia cabang olahraga sepak bola bakal mengulang performa gemilang pada SEA Games 2019 Filipina dengan lolos ke partai final. Sayang, dkk. kalah dengan skor 0-3.

Berita Terkait