Diet Ketat, Ryuji Utomo Belum Cicipi Kuliner Khas Pulau Pinang

Bek timnas Indonesia Ryuji Utomo mengaku hingga saat ini ia belum mempunyai kesempatan untuk mencicipi makanan khas Pulau Pinang, karena sedang menjalankan program diet.

Ryuji datang ke Penang FC dengan status pinjaman dari Persija Jakarta. Pria berusia 25 tahun ini bersama keluarganya telah menjejakkan kaki di kota yang terletak di barat laut semenanjung Malaysia sejak awal Januari 2021.

Kendati demikian, Ryuji mengaku belum sekalipun mencicipi makanan khas Pulau Pinang, meski wilayah itu terkenal dengan jajanan jalanannya di Malaysia, seperti Nasi Kandar, Asam Laksa, dan Pulut Tai Tai.

Menurut Ryuji, ia tidak ingin merusak program diet untuk menjaga kebugaran. Kendati demikian, ia berjanji akan mencicipi kuliner Pulau Pinang bila kompetisi telah berakhir, dan Penang mendapatkan hasil bagus. Saat ini, Penang menduduki peringkat empat klasemen sementara.

“Saya tahu banyak makanan yang terkenal di Penang, tapi saya tetap harus menjalankan diet, jadi saat ini saya belum cicipi. Mungkin suatu hari nanti setelah musim berakhir,” ujar Ryuji dalam wawancaranya dengan Astro Arena.

“Mungkin saya akan mencoba, tapi jika kami mendapatkan hasil bagus. Saya sekarang harus fokus ke itu [meraih hasil bagus]. Saat ini saya sedang berusaha menjaga performa, dan tetap menjalankan program diet.”

Apalagi Ryuji mempunyai ambisi untuk membawa Penang meraih prestasi di musim ini. Ryuji mengungkapkan, sedikit banyak ia sudah mengetahui sejarah klub yang membuatnya bersedia bergabung dengan The Black Panther.

“Saya mencari tahu tentang Penang, dan ini merupakan tim yang sarat sejarah di Malaysia. Saya tahu tim ini baru promosi, dan akan menghadapi tim kuat di Malaysia. Ini menjadi tantangan. Saya berharap bisa mencatatkan sejarah di sini,” tutur Ryuji.

Selain menjalankan program diet ketat, Ryuji juga sedang berusaha memulihkan cedera hamstring yang membuat ia tidak bisa memperkuat timnas Indonesia di pertandingan sisa Grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Saya memang ikut tim nasional ke Dubai, tapi saya masih harus memulihkan cedera hamstring, jadi tidak boleh main di pertandingan. Saya berharap bisa pulih lebih cepat,” ucap Ryuji.