Meski Kasus Covid-19 Melonjak, PT LIB Pastikan Liga 1 2021-2022 Digelar Sesuai Jadwal

Direktur Operasional PT Liga Baru (), , memastikan bahwa penyelenggaraan kompetisi 2021-2022 akan tetap digelar sesuai jadwal.

Sudjarno tetap percaya diri bahwa kompetisi tidak akan ditunda meskipun saat ini terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di berbagai daerah, utamanya di Pulau Jawa.

Dari laporan yang dirilis Satuan Tugas Covid-19 pada Rabu (23/6/2021), sebanyak 15.308 kasus positif baru ditemukan di 34 provinsi. Angka ini menjadi rekor baru selama pandemi.

Dari jumlah tersebut, 12.040 kasus di antaranya, atau sekitar 78,6 persen, berasal dari Pulau Jawa.

Jika dirinci lebih lanjut, DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang kasus Covid-19 tertinggi setelah mencatatkan 4.964 kasus baru. Lalu disusul Jawa Barat sebanyak 2.910.

Kondisi semacam ini jelas mengkhawatirkan seluruh pihak, tak terkecuali klub-klub sepak bola yang akan mengawali kompetisi pada 10 Juli mendatang.

Sebab, seri pertama kompetisi -2022 rencananya akan digelar di wilayah Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Meskipun demikian, hasil koordinasi antara dan pihak kepolisian memastikan bahwa kompetisi akan tetap diizinkan bergulir sesuai rencana.

“Kami sudah berdiskusi dengan terkait situasi terkini. Liga 1 tetap on schedule (sesuai jadwal),” kata Sudjarno, dikutip dari Antara.

Menurut dia, pengalaman menggelar turnamen Piala 2021 membuat PT LIB merasa yakin apabila kompetisi bakal tetap bergulir dengan aman.

Sebab, protokol kesehatan yang sudah dirancang oleh operator kompetisi ini mampu mengamankan seluruh pelaku yang terlibat selama penyelenggaraan turnamen.

Sudjarno menjelaskan, protokol kesehatan bakal menjadi rujukan utama pihak penyelenggara selama kompetisi Liga 1 2021-2022.

“Prosedur yang digunakan pada turnamen Piala Menpora 2021 akan kami jadikan rujukan,” kata Sudjarno menjelaskan.

“Hal itu juga sudah sesuai dengan syarat dari Mabes yang dituangkan dalam surat izin penyelenggaraan liga,” ia melanjutkan. (skor.id)

Berita Terkait