‘Kick-Off’ Liga 1 2021 Mungkin Berubah

PT Liga Indonesia Baru () menuturkan terkait perkembangan gelaran 2021, yang rencananya dimulai pada 10 Juli mendatang. Kondisi pandemi virus corona yang tengah naik sepertinya tidak menghalangi hajatan sepakbola Tanah Air.

Dari penuturan direktur operasional LIB, Sudjarno, ada rencana bahwa kick-off Liga 1 dimajukan satu hari menjadi 9 Juli. LIB membeberkan pertimbangan mereka untuk menggelar kick-off lebih awal dari rencana semula yang sudah diumumkan.

“Ada kemungkinan kick-off Liga 1 maju menjadi 9 Juli 2021. Sebab begini, pada 10 Juli 2021 itu ada tiga laga. Kami ingin ada satu pertandingan sebagai laga pembuka. Jadi saat hari pertama, hanya ada satu pertandingan saja,” urai Sudjarno.

Dalam draf yang awal disebar kepada klub, memang ada pertandingan antara dan Sleman, lalu Persela Lamongan versus . Liga 1 akan digelar secara berserai, berdasarkan daerah pertandingan dimainkan.

Jabodetabek dipercaya sebagai venue sentral seri pertama, sebagaimana laga pembuka pun dimainkan di , Kabupaten Bogor, yakni Persija melawan PSS. Gelaran secara berseri ini dilakukan, sebagai adaptasi pada kondisi pandemi.

Angka virus corona di Indonesia memang sedang naik-naiknya, namun Sudjarno menjabarkan bahwa segalanya masih dalam rencana awal. Apalagi, sepakbola siap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk tanpa suporter.

“Untuk sementara Liga 1 musim ini masih on schedule. Kami masih memonitor perkembangan Covid-19 di semua daerah. Jadwal juga sudah kami berikan kepada klub untuk bisa diantisipasi,” tandas Sudjarno kepada awak media.

Mengilas balik bagaimana sepakbola Indonesia sejak pandemi virus corona terjadi, Liga 1 pada musim 2020 akhirnya dihentikan di tengah jalan karena tidak diizinkan. Lalu pada tahun ini, sepakbola Indonesia direncanakan kembali setelah satu tahun mati suri.

2021 menjadi awal dari kembalinya sepakbola Indonesia, tersebut menjadi ajang uji coba bagaimana laga sepakbola dijalankan dengan protokol kesehatan ketat, dan akhirnya sukses dijalankan dengan Persija Jakarta jadi juara.

Berita Terkait