PSSI Siapkan Stadion Kapten I Wayan Dipta untuk Piala AFC Zona ASEAN

berharap Indonesia bisa menggantikan Singapura sebagai tuan rumah Piala Zona ASEAN. Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali rencananya mau diajukan ke AFC.

Indonesia berminat menjadi tuan rumah agar dan tetap bisa main di Piala AFC. Kedua klub tengah terancam batal tampil lantaran tak ada tuan rumah pengganti di Zona ASEAN setelah mundurnya Singapura.

Sekjen AFC dalam pernyataannya di Sinar Harian, menyatakan bahwa pihaknya kesulitan mencari pengganti Singapura karena situasi COVID-19. AFC sudah mengirimkan tawaran ke negara-negara lain untuk menggantikan Singapura.

Indonesia turut menjadi salah satu pihak yang ditawarkan oleh AFC. Kini, PSSI tengah mempersiapkan segala kemungkinan untuk menggelar fase grup Piala AFC Zona ASEAN.

“Memang ada tawaran dari AFC ke klub untuk menjadi tuan rumah. Tetapi saat ini klub masih melihat kondisi COVID-19 di Indonesia. AFC juga menawarkan ke federasi untuk menyelenggarakan itu. Makanya ini lagi kami koordinasi dengan teman-teman klub,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

“Ditawarkan ke federasi juga sebagai penyelenggara. Harapan kami semoga (fase Grup Zona ASEAN) bisa main di Stadion Kapten I Wayan Dipta,” ujarnya menambahkan.

Masalahnya, Stadion Kapten I Wayan Dipta saat ini masih ditutup karena renovasi. Meski U-20 2021 ditunda ke 2023, renovasi tetap berjalan hingga saat ini.

Sementara itu, dalam jadwal yang dirilis AFC, Persipura akan melawan Kedah Darul Aman pada 29 Juni. Persipura akan menyusul sehari kemudian dengan menghadapi Boeung Ket pada 30 Juni.

“Stadion Kapten I Wayan Dipta belum rampung, masih renovasi. Ini sedang kami bahas dengan teman-teman klub. Mudah-mudahan Bali dan Persipura bisa bermain di Kapten I wayan Dipta,” ucap Yunus Nusi.

Kabar baiknya, Bali United sempat mengindikasikan bahwa renovasi stadion mereka akan selesai pada Juli mendatang. Jika sesuai rencana, seharusnya renovasi kini sudah memasuki tahap akhir.

“Dengar-dengar sih seharusnya kalau sesuai rencana nanti serah terima Stadion Kapten I Wayan Dipta akan dilakukan Bulan Juli,” ujar General Manager Bali United Indy Andrea Mumu saat ditemui di Kongres PSSI di Jakarta pada 29 Mei lalu.

Berita Terkait