Sulit Cari Tuan Rumah, Piala AFC Zona ASEAN Terancam Dibatalkan

Nasib zona berada di ujung tanduk setelah konfederasi sepakbola Asia () mengaku kesulitan mendapatkan tuan rumah untuk menggelar pertandingan fase grup.

Angka kasus pandemi Corona di kawasan ini yang mengalami peningkatan membuat Asia Tenggara menjadi satu-satunya zona yang belum ada kepastian tuan rumah untuk venue pertandingan di Grup G, H, dan I.

Singapura sebelumnya telah ditunjuk menjadi tuan rumah pertandingan di Grup H dan I telah mengundurkan diri. Sedangkan tuan rumah untuk Grup G sejak awal belum ditentukan.

Di lain sisi, pertandingan di ketiga grup ini makin dekat. Bahkan, di laman resmi AFC, tanggal pertandingan di Grup H dan I sudah menghilang. Sementara Grup G dijadwalkan memulai laga pada 30 Juni. Situasi itu tentunya membuat pening Persipura Jayapura yang berada di Grup H, dan di Grup G yang sedang melakukan persiapan.

Sekjen AFC Datuk mengakui situasi di sejumlah negara ASEAN akibat pandemi COVID-19 sangat pelik. Sampai sekarang mereka belum menerima pengajuan kesiapan menjadi tuan rumah dari peserta ketiga grup.

“Setelah Singapura mengumumkan mundur dari tuan rumah pertandingan Grup H dan I, kami telah membuka kembali tawaran kepada negara-negara yang terlibat untuk menjadi tuan rumah,” ujar Windsor dikutip laman Sinar Harian.

“Sayangnya, belum ada negara yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah kedua grup. Karena itu, kami serahkan kepada komite kompetisi untuk membuat keputusan akhir, dan hasilnya diharapkan dapat diketahui minggu depan.”

Windsor menambahkan, komite kompetisi mempunyai kewenangan untuk melanjutkan, menunda, atau membatalkan di zona ASEAN. Sedangkan untuk grup lainnya tetap berjalan seperti biasa.

“Pembatalan kompetisi ini pernah terjadi sebelumnya, ketika kami membatalkan seluruh babak kualifikasi untuk semua tim Asia,” ucap Windsor merujuk kepada keputusan AFC tahun lalu.

“Sejauh ini, kami telah menyelesaikan kompetisi untuk zona Timur, zona Tengah, dan zona Barat. Zona ASEAN dan juga zona Selatan belum bisa kami selesaikan, karena tidak ada venue.”

Berita Terkait