Antusiasme Eks Leicester City Gabung Persebaya Surabaya

Alie Sesay telah diresmikan sebagai pemain anyar dari Persebaya Surabaya dalam menghadapi kompetisi musim 2021. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini diumumkan jadi bagian tim sejak Sabtu, 12 Juni.

Harapannya tentu Alie bisa memberikan kontribusi bagus di lini belakang Persebaya, dengan statusnya sebagai pemain asing. Alie sendiri sebelumnya bermain di kompetisi Azerbaijan, dengan membela FK Sabail.

Dalam kariernya, Alie pernah membela Leicester City, bahkan The Foxes merupakan klub yang mengorbitkan dirinya ke dunia sepakbola profesional pada 2012, sebagaimana Alie merupakan pemain yang lahir di Inggris.

Bergabung dengan Persebaya, sosok berusia 26 tahun ini mengutarakan rasa antusiasnya bermain di kompetisi Indonesia. Ia sudah mencari tahu banyak hal tentang Tanah Air, sebelum tiba di Kota Pahlawan pekan kemarin.

“Saya dengar banyak soal sepakbola Indonesia. Terutama tentang fanatisme suporter. Sebagai pemain, membela klub dengan suporter sefantastis ini adalah sebuah pengalaman terbaik. Saya senang berada di sini,” ucap dia.

Berbagai negara pernah ia tinggali demi sepakbola, di antaranya Azerbaijan, Bulgaria, Yunani, hingga Swedia. Alie pun sudah mencatatkan penampilan internasional bersama tim nasional Sierra Leone, meski ia kelahiran Inggris.

Dari kondisi fisik, Alie bisa dibilang bagus dan dalam keadaan bugar. Ia masih aktif bermain sepanjang 2020, tidak seperti pemain Indonesia yang vakum karena kompetisi dihentikan. Tentunya kebugaran tersebut membuat adaptasinya oke.

Saat menjalani tes medis, pemain 27 tahun ini tidak ada masalah, atau riwayat cedera serius. “Dia [Alie] kondisinya sangat bagus. Terakhir main tanggal 20-an, dan dia bermain 90 menit,” beber dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksana.

Dengan demikian, Persebaya sudah memiliki tiga pemain asing untuk musim ini. Perekrutan pertama adalah gelandang asal Jepang, Taisei Marukawa, lalu kemudian Jose Wilkson yang juga gelandang, dan teranyar adalah Alie.