Deretan Agenda Timnas Pasca-Kualifikasi Piala Dunia 2022

mengakhiri babak kedua 2022 zona Asia dengan memalukan. Dari delapan pertandingan, timnas tak mampu menang satu kali pun.

Rapornya adalah satu kali imbang, tujuh kekalahan, dan nihil kemenangan. Lima kekalahan beruntun didapat Tim Merah Putrih saat masih dibesut pelatih dan pelatih sementara Yeyen Tumena (1 laga).

Saat itu timnas kalah 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, 0-5 dari Uni Emirate Arab (UEA), 1-3 dari Vietnam, dan 0-2 dari Malaysia lagi di leg 2.

Bulan ini saat Indonesia melanjutkan langkahnya di Kualifikasi Piala Dunia, soso pelatih berganti menjadi Shin Tae-yong.

Harapan besar muncul dengan kehadiran pelatih yang mendampingi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu. Ia pun percaya diri untuk mengisi skuadnya dengan banyak pemain muda dan debutan untuk memotong tren negatif.

Tapi, hasilnya tak lebih baik dari Simon. Terlepas dari regenerasi yang digaungkan, Indonesia tetap saja babak belur dan gagal memperbaiki peringkat FIFA.

Tiga laga dilalui dengan hasil imbang 2-2 dengan Thailand, kalah 0-3 dari Vietnam, dan dibantai kembali 0-5 oleh UEA.

Ketua Umum PSSI, , berharap anak didik Shin Tae-yong tetap memiliki semangat. Pasalnya, ada beberapa ajang bergengsi lainnya yang bakal dilakoni timnas di bawah besutan Shin Tae-yong.

“Tim ini disiapkan untuk ajang 2021, Piala AFF 2021, dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan ini,” ucap Iriawan seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Piala AFF 2021 semula diagendakan berlangsung pada 23 November-31 Desember 2020. Kini jadwal terbaru pada 5–31 Desember 2021.

SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, masih belum menemui kepastian. Pasalnya, dalam Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) yang berlangsung virtual pada Rabu (9/6/2021), Vietnam meminta adanya penundaan hingga Mei-Juni 2022 karena gelombang pandemi yang belum melandai.

Namun adan tujuh negara yang menolak usulan tersebut, yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Malaysia, , Singapura, dan Thailand. Sementara Myanmar setuju jika adanya penundaan SEA Games 2021 serta Laos dan Timor Leste mengikuti apa pun hasil akhirnya nanti.
Sementara itu, timnas bakal memiliki jadwal yang padat pada 2022. Ada Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Bangkok, Islamic Solidarity Games (ISG) Konya, dan Asian Games Hangzhou yang harus dijalani oleh Indonesia.

Berita Terkait