PSIM Yogyakarta Kalah 1-2 dari Bali United dalam Laga Uji Coba di Stadion Mandala Krida

mulai serius menjalani persiapan musim 2021, kini mereka baru saja melakoni laga uji coba melawan tim Liga 1, Bali di Krida, Yogyakarta, Minggu (13/6/2021).

Laga tersebut ditutup dengan kekalahan Yogyakarta (skor 1-2) dari tim besutan Stefano ‘’ Cugurra.

Pada jalannya laga, PSIM Yogyakarta tertinggal lebih dulu lewat gol pada menit keempat pertandingan, lewat skema sepak pojok dari Stefano Lilipaly yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Rizky Pellu yang berdiri tanpa pengawalan ketat.

PSIM Yogyakarta pun berupaya untuk membalas gol tersebut, dan peluang itupun datang jelang beberapa menit kemudian lewat tendangan keras dari samping kanan oleh .

Namun, bola yang diarahkan ke pojok kanan bawah itu, masih mampu ditepis oleh sang kiper , . Kendati begitu, serangan yang digencarkan oleh anak asuh Seto Nurdiyantoro itu tak berhenti.

Seakan, permainan PSIM sore itu bukan datang dari tim yang berbeda kasta dari tim berjuluk Serdadu Tridatu. Para pemain PSIM terlihat mampu mengatasi permainan yang diperagakan oleh Bali United sepanjang laga berlangsung.

Akhirnya peluang pun kembali terjadi ketika bek kiri PSIM, A.P Dewa mendapat tendangan bebas dengan jarak yang ideal. Memasuki menit 14 tendangan kaki kiri dari A.P Dewa pun berhasil merobek jala gawang Wawan Hendrawan, kedudukan berubah jadi 1-1 sama.

Selanjutnya pertandingan di babak pertama berlangsung ketat, jual beli serangan pun dilancarkan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, skema yang dilakukan PSIM tidak berbeda dari babak pertama, namun kali ini Bali United tampak sudah lebih nyaman dengan kondisi pertandingan.

Penguasaan bola dari PSIM pun kalah dari Bali United, beberapa serangan yang hendak dilancarkan selalu menemui buntu di lapangan tengah.

Memasuki menit 66, Bali United mulai menekan lewat sisi kanan pertahanan PSIM, bola pun berhasil dikirimkan lewat umpan silang menuju daerah yang dijaga oleh kiper PSIM, , lagi-lagi Rizky Pellu yang dapat keluar dari penjagaan berhasil mencetak gol keduanya lewat sundulan.

Kendati demikian, Pelatih PSIM, Seto Nurdiyantoro mengapresiasi kerja keras timnya yang telah bersusah payah. Ia juga mengatakan bakal mengevaluasi kesalahan yang dibuat terkhusus pada kedua gol yang berhasil dilesatkan oleh Bali United ke gawang PSIM.

“Lawan Bali United artinya kita banyak belajar. Secara keseluruhan pemain menunjukkan kerja kerasnya. Walaupun masih ada beberapa kekurangan yang harus kita evaluasi, kita akan perbaiki pelan-pelan. Uji coba yang bagus buat PSIM, mudah-mudahan kedepannya apa yang menjadi evaluasi bisa kita perbaiki secara individu maupun secara tim. Hasil kalah 1-2 tapi buat saya tidak masalah, yang kita evaluasi adalah bagaimana proses kemasukan, seperti itu,” katanya seusai laga.

Selanjutnya, PSIM masih akan menjalani laga uji coba bersama Bali United esok hari, Senin (14/6/2021) sore hari di Stadion Mandala Krida. Kesempatan itu menurut Seto adalah hal baik untuk anak asuhnya, yang mana ia akan melakukan rotasi untuk memberi jam terbang bagi pemain yang lain.

“Untuk pertandingan besok kami akan merotasi pemain, tapi kami juga lihat perkembangannya esok hari.” papar pelatih asal Kalasan, Sleman itu.

Di sisi lain, pencetak gol semata wayang PSIM, A.P Dewa mengemukakan dirinya dan teman-teman banyak mendapat pelajaran penting dari laga hari ini, ia pun menyebut proses yang dilakukan pada persiapan kompetisi musim ini amat penting.

Terlebih Dewa menyoroti tidak ada rekannya yang mengalami cedera karena laga tersebut.

“Alhamdulillah tadi pertandingan berjalan lancar, terutama tidak ada pemain yang cedera. Kita juga banyak belajar dari Bali United yang notabene mantan juara Liga 1. Banyak pelajaran dan pengalaman yang kita dapat dari pertandingan tadi. Yang terpenting kita terus berproses sesuai apa arahan dari pelatih, dan semoga kedepan kita lebih baik lagi,” katanya. (tsf)

Berita Terkait