Diguyur Panas Menyengat Saat TC di Bekasi, Skuad PSS Fokus Adaptasi Cuaca dan Recovery

Skuad PSS Sleman mulai berlatih dalam agenda TC di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Dalam sesi latihan awal, anak asuh Dejan Antonic fokus penyesuaian cuaca Bekasi yang cukup panas dipusatkan di Stadion Wibawa Mukti.

Kim Jeffrey Kurniawan dan kolega baru saja sampai di Bekasi usai menempuh perjalanan dari Sleman, Kamis (10/6/2021). Mereka langsung dihantam dengan iklim menyengat pada sesi latihan perdana di sana dalam persiapan menyambut Liga 1.

Meski demikian, Dejan cukup semringah melihat para pemain berlatih keras pagi dan sore. Menurutnya, berlatih di cuaca yang panas tak jadi masalah. Justru ini akan jadi modal tambahan bagi para pemainnya untuk menghadapi putaran pertama Liga 1 bulan depan.

“Karena baru datang, untuk itu kami mencoba untuk adaptasi lapangan. Setelah menempuh perjalanan delapan jam, lalu langsung recovery di hotel. Sementara, hari ini ada small side game, finishing dan terakhir ada beberapa menit fun game untuk kebugaran mereka,” terang pelatih PSS, Dejan Antonic.

Penyesuaian cuaca dalam program pemusatan latihan di Bekasi, diakui Dejan Antonic adalah untuk adaptasi pada pelaksanaan pekan awal Liga 1 2021 nanti. Selain agar terbiasa dengan cuaca, Dejan ingin para pemainnya punya chemistry yang kuat dan merasakan suasana baru setelah lama berlatih di Sleman.

“Kabarnya putaran pertama akan main di Jakarta dan sekitarnya. Kami memang belum tahu pasti, tapi kalau sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini tentu bagus untuk adaptasi,” kata pelatih asal Serbia.

“Hal paling penting, semuanya harus bekerjasama. Pramusim dan training camp ini bagus untuk persiapan di Liga 1 nanti. Semoga bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Di sisi lain, para penggawa PSS menjalani sesi latihan ringan ada hari pertama di Bekasi. Setelah dalam perjalanan darat lumayan jauh dari Sleman ke Bekasi, para pemain perlu memulihkan ototnya.

“Kami berikan latihan ringan stretching dan sedikit jogging untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Aliran darah yang menumpuk di kaki harus digerakkan supaya mengalir kembali,” ujar pelatih fisik PSS, Danang Suryadi.

“Tujuan dari latihan ringan ini yaitu untuk recovery. Tidak lama, hanya 15-20 menit saja. Setelah itu mereka kembali ke kamar, lalu mandi dan dilanjutkan dengan makan malam bersama,” jelasnya.

Tim Elang Jawa (julukan PSS) menjalani pemusatan latihan selama 8 hari di Cikarang Jawa Barat dari 10-18 Juni 2021. Selain mematangkan taktikal tim, anak asuh Dejan Antonic ini juga akan menggelar 2-3 kali uji coba dengan tim level Liga 2.