Gibran Rakabuming Blak-blakan Kenapa Piala Wali Kota Solo 2021 Digelar

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming, mengungkapkan secara terang-terangan mengenai alasan di balik pelaksanaan Piala Wali Kota Solo 2021.

Gibran Rakabuming belum lama ini membuat suatu terobosan dengan mengadakan turnamen pramusim bertajuk Piala Wali Kota Solo 2021.

Terobosan Gibran Rakabuming mengenai Piala Wali Kota Solo 2021 tersebut segera berlangsung mulai 20 Juni 2021 hingga 26 Juni 2021.

Turnamen pramusim ini akan diikuti oleh delapan klub Liga Indonesia yang terdiri dari empat klub Liga 1 dan empat klub Liga 2.

Perwakilan klub Liga 1 ada Arema FC, Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Bali United.

Sedangkan utusan dari tim Liga 2 yakni Persis Solo, RANS Cilegon FC, Dewa United FC, serta PSG Pati.

Piala Wali Kota Solo 2021 rencananya akan dilaksanakan di Surakarta, Jawa Tengah.

Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Surakarta pun menjelaskan kenapa Piala Wali Kota Solo 2021 digelar.

Gibran sendiri menjelaskan alasan tersebut dalam konferensi pers 11 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming menyebut kalau penyelenggaraan Piala Wali Kota Solo 2021 dilakukan demi meramaikan euforia sepak bola masyarkat Tanah Air.

Gibran juga menjelaskan kalau Piala Wali Kota 2021 bisa dijadikan ajang untuk pemanasan para peserta sebelum menatap Liga 1 ataupun Liga 2.

“Yang jelas ini animo fan sepak bola Indonesia ini sangat tinggi menjelang Liga 1 dan Liga 2 dimulai dan Euro dimulai,” kata Gibran Rakabuming kepada awak media termasuk BolaSport.com.

“Kami ingin meramaikan suasana itu. Dan kenapa kami adakan sebelum Liga 1 dan Liga 2 dimulai? Ya agar pemain bisa pemanasan, apalagi itu klub-klub yang baru saja memborong pemain baru seperti Persis Solo dan lain-lain.”

“Jadi, ini sebagai pemanasan sebelum Liga Indonesia dimulai,” ujar Gibran.

Selain itu, keberhasilan Kota Solo menjadi salah satu tuan rumah Piala Menpora 2021 kemarin juga menjadi acuan Gibran Rakabuming.

Gibran menegaskan kalau pelaksanaan Piala Wali Kota Solo 2021 menjalankan protokol kesehatan yang serupa dengan Piala Menpora 2021.

“Kemarin, Solo sudah berhasil menjadi (salah satu) tuan rumah Piala Menpora 2021,” tambah Gibran Rakabuming.

“Jadi, kenapa tidak kalau kami bisa menjadi tuan rumah di sebuah turnamen dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sama dan prokes yang sama-sama ketat (seperti Piala Menpora 2021), sekali lagi kami ingin meramaikan persepakbolaan Indonesia.”