Tiga Juru Kunci Susul Timnas Indonesia ke Playoff Piala Asia 2023

Guam, Taiwan, dan Kamboja menyusul ke playoff 2023. Mereka semua menjadi juru kunci fase grup 2022.

Guam menjadi juru kunci Grup A, Taiwan Grup B, dan Kamboja Grup H. Guam dan Taiwan belum mengumpulkan 1 poin pun. Sementara Kamboja 1 poin, seperti .

Teranyar, Guam dikalahkan Suriah 0-3, Taiwan kalah 1-5 dari Australia, sementara Kamboja takluk 1-4 dari Irak. Kekalahan mereka memastikan ketiganya tak mungkin beranjak naik peringkat dari juru kunci.

Mereka pun menyusul Timnas Indonesia yang menjadi tim pertama ke play-off . Adapun nantinya akan diikuti oleh 12 tim.

Rincian 12 tim itu adalah empat tim peringkat keempat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H) dari babak Kualifikasi .

Di play-off, setiap tim akan bermain dua leg dengan menghadapi 1 tim play-off lainnya. Pertandingannya akan digelar dengan dua ronde dimana tiga tim dari 12 peserta terburuk (berdasarkan Kualifikasi Piala Dunia 2022) akan ditempatkan di ronde kedua.

Sebanyak 12 tim ini akan memperebutkan 9 tiket ke babak ketiga . Di fase itu, akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia.

Sementara tim yang kalah di ronde pertama playoff masih punya harapan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Mereka akan menghadapi tiga tim yang sudah menunggu di ronde kedua.

Bagi tim yang kalah di ronde kedua, maka mereka bermain di Solidarity Cup, turnamen untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia. Tapi untuk edisi selanjutnya yang seharusnya digelar 2020 dipastikan tak akan digelar alias dibatalkan.

Berita Terkait