Stefano Cugurra Siap Hadapi Risiko Pemain Bali United Cedera Di Solo

Kebijakan manajemen Bali yang menyatakan kesediaan mengikuti turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo pada 20-26 Juni mendapat acungan jempol dari pelatih Stefano Cugurra.

Cugurra mengutarakan, keputusan manajemen tersebut sudah tepat, karena Bali United membutuhkan pertandingan uji coba sebelum Liga 1 2021/22 digulirkan pada 10 Juli, serta fase grup Piala AFC 2021 akhirr bulan ini.

Sang pelatih masih tetap menganggap jadwal pertandingan fase grup berdasarkan rencana semula pada akhir Juni, karena konfederasi sepakbola Asia (AFC) belum memberi tahu mengenai kemungkinan perubahan agenda, menyusul sulitnya mencari tuan rumah di zona .

“Tentu kabar bagus, karena beberapa kali saya minta dari manajemen untuk adakan uji coba sebelum kompetisi resmi mulai,” ujar pria yang akrab disapa Teco ini dilansir laman resmi klub.

“Ketika ada kompetisi seperti ini (Piala Wali Kota Solo), bagi saya kabar bagus untuk tim, karena bisa punya pertandingan untuk melihat perkembangan dalam tim itu sendiri.”

Di lain sisi, Teco menyadari turnamen pramusim yang berlangsung berdekatan dengan kick-off kompetisi resmi bisa mendatangkan risiko tersendiri bagi tim besutannya, satu diantaranya cedera.

Teco mengatakan, situasi yang terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia, akibat pandemi virus Corona membuat klub tidak mempunyai banyak pilihan dalam mempersiapkan tim. Bila hanya menjalani latihan tanpa melakukan pertandingan, pemain dikhawatirkan mengalami kejenuhan.

Di samping itu, dua pesaing Bali United, yakni wakil Vietnam, , dan klub Kamboja, Boeung Ket, telah menjalani sejumlah pertandingan di kompetisi lokal masing-masing.

“Bali United punya sedikit pertandingan dibandingkan lawan di Piala AFC di tengah situasi dalam sepakbola tahun ini. Mereka sudah ada kompetisi resmi,” imbuh juru taktik asal Brasil itu.

“Tentu kesempatan mereka lebih banyak dibandingkan kami dalam jumlah laga. Risiko cedera tentu ada, tapi lebih banyak pertandingan juga bagus untuk bisa melihat kekurangan dalam tim sebelum Piala AFC.”

Turnamen Piala Wali Kota Solo rencananya diikuti delapan klub. Selain Bali United dan tuan rumah Persis Solo, ajang ini juga akan diikuti tiga klub Liga 1 lainnya, yakni Bandung, FC, dan . Sedangkan wakil Liga 2 lainnya adalah , , dan PSG Pati.

Berita Terkait