Makna Terselubung di Balik Uji Coba Persib Bandung Melawan Tira Persikabo

Persib Bandung akan mengahadapi Tira Persikabo, pada latih tanding yang akan digelar pada akhir pekan ini, sebagai persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, latih tanding sangat dibutuhkan oleh skuat Maung Bandung. Lantaran, pada setiap akhir pekan tim pelatih akan melakukan evaluasi mengenai kesiapan pemain untuk menghadapi kompetisi.

Sebagai informasi, pada pekan pertama latihan, tim kebanggaan Bobotoh hanya menggelar game internal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (29/05/21). Pada pekan kedua, Persib menggelar latih tanding menghadapi Karawang United dan tim Porda Kota Bandung, Sabtu (05/06/21).

“Sejak dari pertama kita memang start bisa dikatakan tidak dari nol, maka dari itu kita coba secara sistematis membuat semua program dengan kombain, termasuk di setiap pekannya ada evaluasi untuk pertandingan,” kata Yaya.

Yaya menambahkan, selain melakukan evaluasi pelatih Persib, Robert Rene Alberts, memberikan program latihan rutin yang sudah disiapkan sebelumnya, diantaranya berlatih di lapangan Stadion GBLA dan gym di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

“Dan setiap pekannya kita usahakan ada pertandingan, termasuk minggu ini lawan Tira Persikabo. Program latihan akan berjalan seperti biasa sambil mengevaluasi apa yang kita butuhkan ketika fase setiap minggunya selesai,” ungkapnya.

Pada pertandingan menghadapi Karawang United dan tim Porda Kota Bandung, penyelesaian akhir menjadi salah satu sorotan Robert Alberts. Hal itu, akan dibenahi pada sesi latihan pekan ketiga, agar saat latih tanding menghadapi Tira Persikabo penampilan skuat Maung Bandung bisa lebih baik lagi.

“Kita akan membuat hari ini selain aerobik kita juga taktikal, menurut kita agak sedikit menutupi misalnya meminimalisir kelemahan yang kita buat di pertandingan Sabtu kemarin. Artinya kita mencoba multipel planning,” jelasnya.

Sementara itu, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2021/2022, skuat Maung Bandung masih belum komplit. Lantaran, striker asing asal Belanda, Geoffrey Castillion, belum bergabung dengan tim setelah dipinjamkan ke klub Serie C Liga Italia, Como 1907.

Selain itu, tim kebanggaan Bobotoh masih menunggu kehadiran pemain asing Asia, untuk menggantikan peran Farshad Noor yang resmi dilepas setelah mengarungi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Gelandang asing tersebut, rencananya akan bergabung dengan Persib Bandung, setelah memperkuat negaranya di Kualifikasi Piala Dunia.