Latihan Taktikal Persebaya Surabaya Belum Efektif

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso, telah memberikan latihan taktikal untuk anak asuhnya. Namun, ia mengaku masih ada kendala dari program yang dikasihnya.

Satu di antara kendala yang dialaminya karena skuad Persebaya belum lengkap. Bajul Ijo ditinggalkan sejumlah pemain karena memperkuat timnas Indonesia.

Selain itu, pemain asing Persebaya juga belum semuanya datang. Sejauh ini baru ada dua nama yang bergabung yakni Taisei Marukawa dan Jose Wilkson Teixeira Rocha.

“Kenapa kurang efektif? Karena pemain asing belum semua datang,” kata pria berusia 51 tahun tersebut.

Aji menjabarkan kondisi Taisei belum mencapai 100 persen. Oleh karena itu, ia perlu meningkatkan kondisinya sehingga bisa tampil maksimal bersama Persebaya.

Akan tetapi, Aji memahami keadaan yang Taisei. Pemain asal Jepang tersebut baru datang sehingga perlu waktu untuk melakukan adapatasi di skuadnya.

“Kondisinya masih 60 persen. Dia belum siap mengikuti irama pemain lama dan itu normal. Dia kan memang baru pertama di sini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Aji menyatakan setelah pasukannya lengkap latihan taktikal Persebaya baru bisa berjalan lancar. Ia bakal memaksimalkan waktu yang ada untuk mempersiapkan timnya menuju Liga 1 musim ini.

“Akan lebih efektif dan lebih bagus kalau kita komplet. Itu [pemberian materi taktik] tidak akan mengulang-ulang,” ujar sosok asal Malang tersebut.

Liga 1 musim ini digelar di Pulau Jawa dengan menggunakan sistem bumble to bumble. Dijadwalkan kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air tersebut mulai berlangsung pada 10 Juli mendatang.

Walau memakai sistem bumble to bumble, Liga 1 tetap digelar secara penuh. Seperti musim-musim sebelumnya, ada 306 pertandingan yang dilaksanakan di musim ini.

Pertandingan tersebut bakal dilaksanakan dalam enam seri yang diputar di tiga klaster. Wilayahnya, meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Adapun seri pertama dan keenam akan digelar di klaster Banten, Jakarta dan Jawa Barat. Lalu seri kedua dan kelima di klaster Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kemudian seri ketiga serta seri keempat di klaster Jawa Timur.