Tak Kunjung Sembuh, Ryuji Utomo Dipulangkan PSSI dari Dubai

Cedera hamstring membuat Ryuji Utomo urung membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia dipulangkan PSSI karena tak bisa bermain.

Ryuji datang ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dalam kondisi tidak bugar 100 persen. Ia cedera hamstring saat masih memperkuat Penang FC.

Pemain yang sedang dipinjamkan Persija Jakarta itu sendiri memang sudah lama absen. Penampilan terakhirnya adalah pada laga Liga Super Malaysia 2021 melawan Petaling Jaya City FC, 18 April lalu.

Meski begitu, Ryuji tetap dipanggil Timnas Indonesia yang menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Dubai. Karena tak kunjung pulih, Ryuji pun tak ditampilkan saat Timnas Indonesia jumpa Afghanistan dan Oman dalam uji coba pada akhir Mei lalu.

“Dalam tim terlihat Ryuji Utomo tidak ikut berlatih. Ia dipulangkan karena cedera. Ryuji cedera dan belum dapat pulih sepenuhnya. Ini akan beresiko jika dipaksakan ” demikian pernyataan resmi PSSI, Senin (7/6/2021).

Sementara Ryuji Utomo juga ikut memastikan tak bisa membela Timnas Indonesia pada dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia melawan Vietnam (7 Juni) dan UEA (11 Juni). Ia pun berpamitan dengan rekan-rekannya di Timnas Indonesia.

“Setelah bergabung latihan dalam training camp dan melakukan 2 kali pemeriksaan MRI dan juga USG, diputuskan bahwa saya belum bisa memperkuat timnas pada ajang ini,” tulis Ryuji di akun Instagram miliknya.

“Masih terdapat tear (robekan) pada hamstring saya yang belum pulih 100%, yang beresiko jika dipaksakan,” lanjut pernyataan Ryuji.

Adapun cederanya Ryuji makin menambah krisis bek tengah Timnas Indonesia. Ada juga Andy Setyo yang absen pada laga melawan Thailand karena cedera. Sementara Elkan Baggott memilih tak bergabung Timnas Indonesia.

Bukan cuma soal cedera, ada juga Nurhidayat Haji Haris yang dipulangkan karena masalah indisipliner. Alhasil bek tengah cuma menyisakan trio Persebaya Surabaya yakni Rizki Ridho, Rachmat Irianto, dan Arif Satria.