Menpora Optimistis dengan Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali optimistis dapat berkembang semakin baik di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Keyakinan Zainudin Amali tak lepas dari raihan poin pertama timnas Indonesia di Kualifikasi usai imbang 2-2 lawan Thailand, Kamis (3/6/2021).

Hasil itu dinilai sudah lebih baik dari hasil-hasil yang diperoleh timnas Indonesia sebelumnya. Apalagi jika mengingat waktu persiapan yang cukup pendek.

“Kami senang. Ini hasil dari pelatnas yang singkat tetapi sudah memperlihatkan hasil,” kata Zainudin Amali, Jumat (4/6/2021) malam.

“Mayoritas mereka (pemain timnas Indonesia saat ini) adalah yang akan disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk SEA Games 2021,” ia menambahkan.

Walaupun dan kolega tidak menang melawan Thailand, Menpora menyebut pasukan Garuda sudah menunjukkan kemajuan.

Zainudin Amali pun berterima kasih kepada Shin Tae-yong yang membuat perubahan di timnas Indonesia.

Menpora mengungkapkan, ia sudah yakin pada kualitas dan kapasitas Shin Tae-yong sejak pertama kali ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia.

“Dari awal saya meyakini bahwa Shin Tae-yong memang cocok untuk melatih timnas Indonesia,” kata Zainudin Amali.

“Sejak awal itu sejak kita persiapkan untuk Piala Dunia U-20 yang pada akhirnya ditunda ke 2023,” ia menambahkan.

Menpora sadar betul bahwa persiapan yang pendek tentu belum ideal untuk membuat pasukan Garuda dapat bermain secara maksimal.

Oleh sebab itu, Menpora mengingatkan para pemain timnas Indonesia agar disiplin dan serius menjalankan setiap arahan dari pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Apalagi, mereka juga masih akan bertanding melawan dan Uni Emirat Arab (UEA) pada dua laga sisa di .

“Menjadi pemain timnas itu impian seluruh pesepak bola di dunia, percuma dia bagus di klub saja tapi belum bisa bermain di timnas,” kata Zainudin Amali.

“Untuk itu saya minta anak-anak yang sekarang ada di Dubai saya minta untuk serius,” ia menambahkan.

Berita Terkait