Debut Bersama Timnas Indonesia di Turnamen Resmi, Shin Tae-yong Tak Bisa Tutupi Kegugupan

Pelatih Indonesia, , menjalani debut resmi bersama tim Garuda level senior.

Timnas Indonesia melakoni lanjutan Grup G dengan melawan Thailand di Stadion Al Maktoum, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021).

Laga yang berakhir sama kuat, 2-2, itu sekaligus menjadi debut bagi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di pertandingan resmi.

Sebelumnya, Shin Tae-yong lebih banyak melatih yang dipersiapkan menuju U-20 sebelum diundur dari 2021 ke 2023.

Sepanjang 2020 memang agenda timnas senior Indonesia dibatalkan karena pandemi Covid-19 sehingga baru sekarang Shin melakoni debut.

Meski sudah makan asam garam di dunia kepelatihan, Shin tetap tak bisa menyembunyikan rasa gugup saat memimpin timnas Indonesia melawan Thailand.

“Kami sedang melakukan pemanasan sebelum pertandingan dan tim pelatih berkata, ‘saya tak pernah melihat Anda segugup ini saat pemanasan’,” kata Shin kepada Chosun, media Korea Selatan.

Selain pertandingan pertama, laga kontra Thailand juga menjadi ujian eksperimen Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Menghadapi Thailand, timnas Indonesia membawa mayoritas pemain muda berusia di bawah 25 tahun.

Anggota timnas Indonesia diisi kombinasi pemain timnas U-19, jebolan SEA Games 2019, dan beberapa pemain senior.

Keputusan berani yang diambil Shin Tae-yong nyatanya berbuah positif. Timnas Indonesia mengakhiri rentetan lima kekalahan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Tiga dari 11 pemain yang tampil sebagai starter yakni , , dan Pratama Arhan berusia 19 tahun. sedikit lebih tua karena lahir pada 1999,” ujar Shin.

“Pemain tanpa pengalaman internasional sebelumnya menunjukkan penampilan tak kenal menyerah hingga menit terakhir dan tetap menunjukkan yang terbaik. Saya berterima kasih kepada mereka,” katanya lagi.

Semangat juang yang ditunjukkan tim Merah Putih layak diapresiasi. Dua kali tertinggal dari Thailand, dan kolega mampu mengejar dan memaksakan hasil imbang.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi timnas Indonesia di dasar klasemen Grup G. Namun ini menjadi suntikan motivasi berharga untuk menghadapi Vietnam pada laga selanjutnya, Senin (7/6/2021).

Berita Terkait