“Buka Hati & Pikiranmu!” – Jhonny Van Beukering Desak Indra Sjafri Soal Pemain Naturalisasi

Mantan striker , , belakangan vokal memberikan dukungan kepada sederet pemain keturunan Indonesia, yang memang punya keinginan untuk bisa membela timnas.

Van Beukering juga merupakan pemain keturunan, dengan darah Belanda di dalam dirinya. Ia menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia pada Piala 2012, di mana ketika itu ditukangi oleh pelatih Nilmaizar.

Nama-nama yang dianggap punya kualitas dan memang ingin bisa membela timnas Indonesia antara lain, Sandy Walsh, Kevin Diks, Joey Suk, hingga striker milik Persib Bandung yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia, .

Sosok , yang dalam hal ini merupakan direktur teknik , diharapkan Van Beukering bisa berusaha dan membantu keinginan pemain di atas untuk jadi bagian timnas Indonesia. Apalagi, pemain tersebut dinilai Van Beukering memang berkualitas.

“Buka hatimu, buka pikiranmu, mereka seperti dirimu memiliki hak untuk membela negara leluhur mereka, dalam diri mereka mengalir darah yang tidak bisa dihapuskan, mereka juga orang Indonesia! Terkhusus untuk Anda, Tuan Indra Sjafri, mereka juga ORANG INDONESIA!” tulis Van Beukering via Instagram pribadinya.

Sandy dan Kevin memang sudah menyatakan keinginan mereka untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), dan membela timnas Indonesia. Hal itu berulang kali mereka sampaikan, karena mereka sangat berharap.

Kedua pemain tersebut masih dalam usia ideal, Sandy berusia 26 tahun, dan Kevin berusia 24 tahun. Mereka sama-sama punya darah Indonesia-Belanda, dan memang merupakan kerabat dari Van Beukering.

PSSI pernah menyatakan bahwa mereka tidak bisa menaturalisasi Kevin, dengan alasan tidak bisa, dan memang saat itu PSSI tidak mencari pemain dengan usia Kevin, karena masih fokus pemain untuk Piala Dunia U-20 2020, yang akhirnya batal digelar.

Sementara untuk Sandy, pemain yang membela KV Mechelen itu pernah mengutarakan bahwa dirinya sempat berkomunikasi dengan PSSI, tapi akhirnya tidak ada kabar lanjutan soal bagaimana dirinya bisa menjadi WNI, dan membela timnas Indonesia.

Untuk Ezra, nasibnya bisa dibilang cukup miris. Pemain yang sudah menjadi WNI sejak 2019 itu tidak bisa membela timnas Indonesia lantaran berkasnya, atau statusnya secara administrasi , belum tuntas sehingga masih dianggap sebagai pemain Belanda.

Berita Terkait