Timnas Indonesia Harus Lebih Gigih Saat Jumpa Vietnam

Timnas Indonesia diharapkan dapat mempertahankan motivasinya hingga jumpa Vietnam dan Uni Emirat Arab. Dengan begitu, kemenangan bisa didapat.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan hal itu bahwa karena berkaca pada pertemuan pada tim Gajah Putih pada Kamis (3/6/2021) malam.

Dalam laga yang tersaji di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Evan Dimas dkk mampu mengimbangi Thailand 2-2 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut.

Skuad Garuda berhasil menampilkan kerja kerasnya kendati sudah tak ada kans lolos ke Piala Dunia. Terbukti usai dua kali tertinggal dari Thailand, mereka mampu menyamakan angka melalui I Kadek Agung dan Evan Dimas.

Hasil itu sekaligus menandai Indonesia pecah telur setelah tak pernah meraih poin sekalipun usai lima kekalahan pada laga-laga sebelumnya.

“Jadi kalau bertanding seperti hari ini. Bisa dibilang kemauannya tinggi, dengan begitu pertandingan berikutnya pasti akan lebih baik lagi,” kata Shin Tae-yong menyoal persiapan menghadapi Vietnam pada 7 Juni mendatang.

“Saya juga akan memberikan dorongan kepada anak-anak karena belum mendapatkan kemenangan. Jadi biar lebih semangat untuk pertandingan berikutnya.”

Meski yakin dengan timnya, Shin Tae-yong tak bisa menjanjikan hasil yang diraih melawan Vietnam bakal menjadi kemenangan, seri, atau malah kekalahan. Tapi dia memastikan Egy Maulana Vikri Cs bakal berkerja keras lebih dari saat melawan Thailand.

“Jujur kami tidak tahu hasilnya akan seperti apa nanti, tetapi kami pasti akan menampilkan yang terbaru dan berusaha semaksimal mungkin,” ungkap Shin.
Baca juga:
Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022: Indonesia Fix Juru Kunci

Timnas Indonesia sementara ini menjadi juru kunci Grup G dengan perolehan 1 poin, di bawah Thailand di posisi ketiga (9 poin), UEA peringkat dua (9 poin) setelah mengalahkan Malaysia 4-0 dan unggul selisih gol dari Thailand.

Malaysia di urutan empat (9 poin) kalah selisih gol dari UEA dan Thailand. Sedangkan Vietnam masih kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 11 poin.