3 Catatan Positif Performa Timnas Indonesia: Hasil Kecermatan Shin Tae-yong

meraih poin perdana saat bertemu Thailand pada laga keenam babak grup G zona Asia.

Tim besutan berhasil menahan imbang Thailand 2-2 di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (4/6/2021) dini hari.

Dua kali tertinggal, dua kali pula Timnas Indonesia menyamakan skor dalam laga yang berlangsung ketat dan sengit ini. Thailand lebih dulu unggul melalui Narubadin Weeratwatnodom dan kemudian disamakan oleh Kadek Agung pada 45 menit pertama.

Sementara di babak kedua, Thailand kembali unggul melalui aksi Adisak Kraisorn. Namun lagi-lagi Timnas Indonesia sukses memaksa laga berakhir imbang saat Evan Dimas mencetak gol penyama.

Tambahan satu poin memang tidak merubah posisi tim Merah-putih dari posisi juru kunci grup G dan peluang untuk lolos juga sudah tertutup namun satu poin dari Thailand menjadi raihan pertama Timnas Indonesia selama babak .

Beberapa catatan positif mampu diperlihatkan dalam performa Evan Dimas dkk. saat menahan imbang Thailand.

Bola.com memiliki sedikit ulasan menarik terutama sisi peningkatan dalam penampilan Timnas Indonesia. Scroll ke bawah yuk!

Berani Main Lepas

Timnas Indonesia langsung tampil menyerang sejak peluit kick-off dibunyikan. Tak perlu menunggu permainan Thailand, Kushedya Hari Yudo dkk. menggebrak untuk memberikan ancaman di wilayah pertahanan lawan.

Bermain lepas menjadi cara tepat yang dilakukan karena posisi Timnas Indonesia yang sudah mustahil lolos dari babak kualifikasi. Dengan tidak terbebani target apapun, permainan timnas bisa lepas walau tidak mudah membendung serangan Thailand.

Meski sempat kecolongan lewat gol cepat Thailand pada menit keempat, mental pemain Indonesia langsung bangkit untuk mengejar. Begitu juga saat dihujani serangan bertubi-tubi Thailand, lini belakang Indonesia cukup tenang.

Kegigihan dan semangat pantang menyerah anak asuh Shin Tae-yong terbayar dengan mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Kadek Agung, berkat keberanian mencari celah dan kelengahan bek Thailand.

Pada paruh kedua, meski mendapat gempuran hebat dari serangan sporadis Thailand. Para pemain mati-matian memutus aliran serangan hebat Thailand, khusunya dari sisi sayap yang menjadi andalan mereka.

Komposisi Pemain yang Tepat

Pelatih Shin Tae-yong cukup cermat dalam menentukan pasukannya dalam laga ini untuk tampil sejak menit pertama. Ia mampu memadukan pemain muda dan sedikit pemain senior dengan baik.

Terutama memainkan empat pemain andalan yang sedang mengenyam karier di luar negeri, yakni Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman. Mereka diturunkan sejak kick-off.

Shin Tae-yong berani menjajal para debutan, yakni Rizky Ridho, Pratama Arhan, Kadek Agung, Arif Satria, dan Kushedya Hari Yudo yang ternyata tidak bermain canggung.

Shin Tae-yong memang tidak menganggap enteng laga kontra Thailand, meski posisi Indonesia sudah hampir mustahil lolos dari babak kualifikasi.

Susunan pemain yang diturunkannya terbukti ampuh. Serangan Indonesia baik dari kedua sisi sayap maupun lini tengah, cukup hidup dan merepotkan pertahanan Thailand.

Shin Tae-yong juga cermat dalam melakukan pergantian pemain di paruh kedua, dengan memasukkan , Rachmat Irianto, , dan M. Rafli.

Percaya Diri

Hal positif lainnya yang ditampilkan oleh Evan Dimas dan kolega saat menahan imbang Thailand adalah rasa kepercayaan diri yang tinggi. Menghadapi Thailand yang merupakan rival terberat di Asia Tenggara, nyali Timnas Indonesia tak boleh ciut demi gengsi.

Kadek Agung, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam, terlihat sangat lelah tapi tetap menunjukkan semangat tinggi untuk segera bangkit.

Satu di antara dampak dari kepercayaan diri para pemain yang terlihat adalah dua kali Indonesia menyamakan skor dan harus berjibaku menyelamatkan pertahanan. Ini menjadi bukti para pemain diselimuti kepercayaan diri yang luar biasa.

Hasil imbang kontra Thailand menjadi modal berharga untuk melakoni dua laga tersisa. Timnas Indonesia bakal kembali bermain lepas saat berjumpa dan Uni Emirat Arab, sekaligus meningkatkan kualitas potensi permainan tim.

Berita Terkait