Thailand vs Indonesia: Wajib Jaga Nama Baik, Stop Kekalahan Beruntun

Langkah untuk memperbaiki nama baik Indonesia di kancah global bakal dimulai di Stadion Al Marktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (), pada Kamis (3/6/2021), pukul 23.45 WIB.

Setelah lima laga awal Grup G Kualifikasi zona Asia rutin menelan kekalahan, yakni pada periode 2019, kini Indonesia akan menjalani tiga laga sisanya. Pertama, mereka akan berhadapan dengan Thailand.

Pelatih timnas, , sadar bahwa Thailand bukan lah lawan sembarangan. Selain rekor duel yang buruk bagi Indonesia (satu kemenangan dari lima laga terakhir), juru taktik Thailand, Akira Nisino, pun merupakan sosok istimewa.

Saat sama-sama membesut negara masing-masing di Piala Dunia 2018, (Jepang) lebih unggul dari Shin Tae-yong (Korsel). Jepang mampu menembus babak 16 besar.

“Thailand tim yang bagus. Namun kami harus optimistis untuk meraih poin melawan mereka. Kami harus lebih fokus, kami akan berusaha semaksimal mungkin, agar mendapatkan kemenangan,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

“Mungkin kami tidak bisa lolos dari , namun kami datang ke sini untuk bekerja keras, semaksimal mungkin, dan saya melihat kemauan pemain pun luar biasa,” tuturnya lagi.

Sementara itu, gelandang sekaligus kapten timnas, , membuktikan omongan Shin benar, yaitu bertekad membawa nama baik Indonesia.

“Kami membawa nama baik negara dan memang saat ini yang kami tunggu-tunggu. Karena setelah pandemi kami tidak pernah mengadakan laga Internasional, semoga pertandingan besok bisa memperoleh hasil yang maksimal,” ucapnya.

Tanpa Dua Andalan
Di sisi lain, Thailand membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Tapi, mereka tanpa diperkuat dua pemain andalanya yang tengah merumput di Liga Jepang atau J-League, yaitu Theerathon Bunmathan dan Chanatip Songkrasin.

“Penting untuk meraih kemenangan atas Indonesia dan itu akan menciptakan momentum positif untuk menghadapi dua pertandingan tersisa. Pertandingan ini akan sulit bagi kami karena waktu latihan para pemain terbatas dan kami kehilangan dua pemain penting dari J.League,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi AFC.

“Saya selalu mengantisipasi grup ini sangat ketat untuk dijalani. Tidak boleh ada lagi kesalahan bagi kami jika ingin melangkah ke babak selanjutnya.”

“Dua pertandingan persahabatan yang kami mainkan membuat kami bisa mengidentifikasi potensi skuad final untuk kami dan pada saat yang sama itu memberikan pemain kebugaran yang dibutuhkan jelang tiga pertandingan penting dalam babak kualifikasi,” tutur Akira Nishino melanjutkan.

Sementara itu, laga bakal disiarkan langsung di SCTV pukul 23.45 WIB.

Berita Terkait