Eksperimen Bali United untuk Diego Assis dan Gavin Kwan

Bali diuntungkan ketika bisa latih tanding bersama FC di Lapangan Yoga Perkanthi, Jimbaran, Badung, Minggu. Eksperimen untuk Diego Assis Figueiredo dan Gavin Kwan Adsit bisa dilakukan sebagai bekal menuju Piala AFC dan 2021.

memberikan tugas berbeda kepada Diego Assis dan Gavin Kwan. Diego yang biasanya berperan sebagai gelandang serang digeser menjadi pos sayap. Sementara Gavin Kwan yang biasa berperan sebagai bek kanan digeser ke sayap kiri.

Eksperimen ini bukan dilakukan tanpa dasar. Bali United ingin memperbanyak opsi sebelum tampil pada Piala AFC dan Liga 1 2021. Pelatih Bali United, pun menyebut posisi baru itu tak asing untuk Diego dan Gavin.

“Di klub sebelumnya, dua pemain ini sudah main sebagai winger. Gavin sering melakukannya di Barito Putera. Diego di beberapa tim sebelumnya juga main sebagai winger,” ucap Stefano Cugurra.

Teco, sapaan akrabnya, bisa melakukan berbagai eksperimen karena tak melihat hasil akhir dari laga melawan Rans Cilegon FC. Pelatih asal Brasil ini menilai Gavin dan Diego mendapat waktu cukup untuk menjalankan eksperimen tersebut.

“Meski Gavin cuma main di babak pertama, tapi dia sering ada bola di depan, menyerang dari kiri sama . Kita lakukan ini agar tim punya variasi. Penting untuk melihat hal seperti ini dalam latihan,” jelas Teco.

Teco belum tahu kapan akan melakukan eksperimen lagi. Tim pelatih masih menunggu kepastian dari manajemen Bali United terkait agenda latih tanding selanjutnya.

Andai sulit menemukan lawan di Bali, Stefano Lilipaly dkk. siap terbang ke Pulau Jawa. Ada banyak tim yang bisa jadi lawan Bali United ketika berada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Salah satunya Bhayangkara FC yang memiliki materi bagus. Skuat besutan Paul Munster ini sudah kembali ke Kota Solo setelah melakukan pemusatan latihan di Jawa Timur. Di Kota Bengawan, ada pula klub Liga 2, Persis Solo yang memiliki skuat bertabur bintang.

“Untuk mendapatkan persiapan lebih bagus, kita harus main lebih. Terserah mau lawan tim mana, bagi saya tidak masalah. Dalam pertandingan, kamu bisa lihat beberapa pemain ketika main bersama,” tutur Teco.

Bali United punya waktu efektif sekitar 25 hari lagi untuk persiapan menuju . Laga fase grup, terutama grup G yang dihuni Bali United, akan dipertandingkan pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021.

Setelah itu, Bali United akan mengarungi kompetisi Liga 1 2021. Ada kemungkinan Bali United yang berstatus sebagai juara bertahan Liga 1 menjalani laga pembuka kompetisi melawan jawara Piala Menpora 2021, Persija Jakarta.

Berita Terkait