Ramai Raffi Ahmad Hingga Kaesang Pangarep, Pemerintah Ingin Ada Banyak Artis dan Pengusaha di Sepakbola Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menjelaskan pemerintah akan mendorong artis dan pengusaha ikut mengembangkan sepakbola Indonesia lewat Inpres No 3 Tahun 2019.

Tahun 2021 mencatatkan fenomena tersendiri bagi dunia sepakbola Indonesia.

Meski kompetisi belum berjalan akibat pandemi Covid-19, sepakbola Tanah Air masih menghadirkan banyak kejutan bagi seluruh pecintanya.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah masuknya banyak publik figur dan pengusaha dalam pengembangan industri sepakbola.

Misalnya Raffi Ahmad dan Rudy Salim yang secara mengejutkan mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United, dan mengubahnya menjadi RANS Cilegon FC.

Kemudian ada pula putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang kini menjadi chairman klub Liga 2 lainnya, Persis Solo.

Belum lagi Youtuber kondang, Atta Halilintar, yang sempat dikaitkan dengan Sriwijaya FC dan PSM Makassar.

Maraknya artis dan pengusaha yang masuk ke industri sepakbola ini ternyata turut mendapat perhatian dari pemerintah.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menegaskan bahwa pemerintah akan mulai mendorong artis dan pengusaha untuk ikut serta mengembangkan sepakbola nasional.

Hal itu disampaikan Zainudin saat menerima kunjungan pemilik RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad, di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Menurut Zainudin Amali, dorongan itu akan diimplementasikan lewat Inpres No 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

“Sore ini (kemarin) saya kedatangan Raffi Ahmad, yang sudah masuk dalam dunia sepakbola, ini luar biasa dengan RANS Cilegon FC-nya,” kata Zainudin dikutip Bolasport.com dari laman resmi Kemenpora.

“Raffi sudah terjun di sepakbola tentu kawan-kawan para artis akan ikut dan para pengusaha bisa mengembangkan industri sepakbola.”

“Ini akan kita dorong melalui sosialisasi Inpres No 3 Tahun 2019 yang akan segera dimulai di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta,” ucapnya.

Raffi Ahmad sendiri menegaskan bahwa dirinya sangat serius ingin memajukan sepakbola Indonesia.

Keterlibatannya di RANS Cilegon FC dipastikan bukan menjadi aji mumpung dalam meningkatkan popularitas semata.

“Mohon doa restu kepada semua, RANS Cilegon FC siap ikut Liga 2,” kata Raffi Ahmad.

“Saya bukan canda-canda, saya serius ikut memajukan sepakbola, ada sport dan entertainment yang dapat seiring dimajukan.”

“Sport akan melahirkan atlet-atlet hebat, dari entertainment akan ada hiburan yang dapat dinikmati,” ucap suami Nagita Slavina itu.