Pelatih Thailand: Kami Butuh Kemenangan Atas Timnas Indonesia

Pelatih Thailand Akira Nishino menegaskan duel pertama melawan Indonesia dalam pertandingan sisa Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sangat penting bagi The War Elephants.

Nishino tidak ingin terpengaruh dengan keraguan publik sepakbola Thailand mengenai kesiapan anak asuhnya dalam menghadapi tiga pertandingan sisa ini. Seperti diketahui, pemusatan latihan (TC) Thailand sempat terhenti setelah dua pemain dan empat ofisial positif dinyatakan terpapar COVID-19.

Mereka selanjutnya hanya menjalani latihan kebugaran secara virtual di kamp tempat berlangsungnya TC. Setelah dinyatakan negatif pada tes antigen lanjutan, Nishino membawa seluruh pemain yang mengikuti TC ke Uni Emirat Arab (UEA), dan akan mencoretnya setelah melakoni dua pertandingan uji coba Oman dan Tajikistan.

Nishino telah mendengar nada pesimistis mengenai kiprah Thailand di UEA, karena mereka tidak menjalani latihan secara proporsional akibat pandemi virus Corona. Menurutnya, semua pemain dalam kondisi bagus.

“Kami timnas Thailand. Mereka bilang kami tidak mempunyai banyak waktu untuk latihan, tidak punya waktu cukup untuk persiapan. Itu cuma alasan saja,” cetus Nishino melalui laman resmi federasi sepakbola Thailand (FAT).

“Berdasarkan pengalaman saya sebagai pelatih, kami tidak boleh terpengaruh dengan alasan-alasan itu. Kami harus bekerja keras. Kami tetap berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin.”

Thailand terlebih dulu menghadapi Indonesia pada 3 Juni. Selang empat hari kemudian, mereka menantang tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA), sebelum ditutup dengan laga melawan Malaysia pada 15 Juni.

“Sekarang saya tidak terlalu memikirkan komentar-komentar itu. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik di tiap pertandingan. Pertama, kami akan menghadapi Indonesia, dan kami membutuhkan kemenangan di pertandingan ini,” tegas Nishino.

Thailand dijadwalkan melakoni pertandingan uji coba melawan Oman hari ini Menurut Nishino, laga tersebut menjadi kesempatan bagi dirinya untuk mencoba menerapkan skema permainan sebelum menghadapi Indonesia.

“Kondisi pemain seperti Bordin Phala and Peeradon Chamratsamee cukup bagus. Namun saya belum tahu pasti kondisi pemain lainnya sebelum menjalani pertandingan uji coba,” ucap Nishino.

“Sebelum menghadapi Indonesia, saya akan meningkatkan intensitas latihan, termasuk di uji coba. Kita lihat siapa yang kondisinya siap sebelum saya melakukan pencoretan.”