Timnas Indonesia Tanpa Pemain Persipura, Jacksen Tiago Nilai Shin Tae-Yong Pengertian

Timnas Indonesia berkekuatan 27 pemain untuk laga uji coba internasional dan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari daftar pemain yang saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (), tidak ada pemain dari Jayapura.

Hal tersebut dipandang bagus oleh , selaku pelatih dari Mutiara Hitam. Menurutnya, Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia bukan bermaksud mengecilkan kemampuan dari pemain Persipura, justru pelatih asal Korea Selatan itu dianggap bijak.

Saat ini, Persipura memang sedang fokus mengejar persiapan mereka untuk , yang akan dilaksanakan bulan depan. Dengan telatnya persiapan Persipura, mungkin yang terbaik adalah skuad yang utuh supaya persiapan mereka pun berjalan dengan baik.
Pilihan Editor

Meski demikian, Jacksen pun tidak mau menilai bahwa Persipura justru untung pemainnya tidak dipanggil timnas Indonesia. “Saya tidak bicara itu menjadi keuntungan. Mungkin salah satu kebijakan Shin Tae-yong tak membawa pemain kami dan Bali [United], karena dia menghargai kami di AFC,” urainya.

[Ilija Spasojevic] dipanggil, terus dipulangkan. Mungkin dia melakukan kebijakan seperti pelatih di luar. Saya melihat itu [keputusan Shin Tae-yong] kebijakan yang baik. Bagaimana pelatih menghargai pelatih lain,” imbuhnya.

Menurut Jacksen, dua wakil Indonesia di Piala AFC, Persipura dan , punya kepentingan yang sama dengan timnas Indonesia. Sama dengan Persipura, Bali United juga tidak banyak menyumbang pemain ke timnas saat ini.

“Karena kepentingan kamijuga sama seperti timnas, mengharumkan nama Indonesia,” tandas pelatih asal Brasil ini.

Pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia, Evan Dimas dan kawan-kawan akan menjalani tiga pertandingan, yakni melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam (7 Juni), dan terakhir UEA (11 Juni).

Namun sebelumnya melakoni laga resmi, timnas Indonesia terlebih dulu diagendakan melakukan pertandingan uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei, dan empat hari kemudian bertemu Oman.

Sementara itu, Persipura tergabung di Grup H Piala AFC yang akan dimainkan di Singapura. Klub bernuansa merah-hitam tersebut harus bersaing dengan (Malaysia), asal Vietnam, dan yang menjadi tuan rumah grup.

Berita Terkait