Shin Tae-yong Hanya Gelar Latihan Sekali Setiap Akhir Pekan, Ini Alasannya

Skuat Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau TC di Jebel Ali Sports Center and Shooting Club, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). TC ini merupakan bagian dari persiapan timnas untuk menghadapi dua uji coba internasional menghadapi Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5) serta sisa tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia yang digelar terpusat di Dubai.

Sejak tiba di Dubai pada Senin (17/5), Shin Tae-yong langsung menggebar anak asuhnya dengan latihan yang cukup keras, termasuk ketika melatih fisik Nadeo Argawinata dkk. di pantai.

Namun, untuk menjaga kondisi pemainnya agar tidak drop karena terlalu lelah berlatih, Shin menerapkan kebijakan untuk meliburkan latihan selama satu hari di setiap akhir pekan.

“Saya sengaja memberikan satu kali latihan di pengujung akhir pekan, supaya pemain juga punya banyak waktu untuk istirahat. Tidak hanya melulu soal berlatih di lapangan, namun apa yang harus mereka lakukan di luar lapangan, itu juga penting. Agar stamina mereka tetap terjaga,” kata Shin, seperti dikutip dari laman PSSI.

Shin berharap para pemainnya bisa memanfaatkan waktu istirahat yang ia berikan dengan bijak dan baik.

Karena itu, Shin menyarankan kepada pemain untuk tetap tinggal di hotel selama libur.

“Tetapi apabila sangat darurat butuh keluar hotel, untuk membeli sesuatu, harap saya diberitahu dan tetap menjaga protokol kesehatan. Bukan hanya pemain, tetapi semua yang ada di tim ini, staf pelatih dan ofisial tim,” ujar pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.