PSSI Pastikan Liga 1 2021 / 2022 Digelar Awal Juli dan Terpusat di Pulau Jawa

Ketua Umum , , mengonfirmasi bakal digelar pada awal Juli mendatang. Kompetisi musim ini akan berlangsung secara terpusat di Pulau Jawa.

Keputusan itu didapat setelah PSSI menggelar pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Asisten Operasi (Asops) , Irjen Pol. Imam , dan perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pertemuan berlangsung di kantor Kemenpora, Senin (24/5/2021) siang WIB.

Dalam pertemuan tersebut, Mochamad Iriawan menyebut pihaknya berencana menggelar 2021/2022 pada 3 atau 7 Juli 2021. Kepastian soal tanggal belum bisa diumumkan karena bergantung pada perizinan dari Polri.

“Apabila nanti Pemerintah dan Polri memberikan izin, liga akan bergulir pada awal Juli. Tanggalnya tentu nanti akan ditentukan begitu Polri memberikan izin dan kami proyeksikan antara 3 atau 7 Juli,” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual.

“Pokoknya di antara tanggal-tanggal itu karena masih ada pertandingan yang diikuti dua klub di luar yakni Persipura dan ,” lanjutnya.

Sementara itu, keputusan untuk menggelar Liga 1 2021/2022 terpusat di Pulau Jawa diambil setelah mempertimbangkan masukan dari sejumlah klub. Selain meminimalisir mobilitas, infrastruktur pendukung di Jawa cukup memadai untuk menggelar pertandingan selama semusim.

“Kemudian sistemnya tentunya sesuai dengan usulan dari klub, rencananya Liga 1 2021/2022 akan disentralisasikan di Jawa. Mengapa? karena memang mobilitas di Jawa cukup bisa ditempuh dengan kendaraan dan akomodasi cukup banyak. Ini hasil dari keinginan para klub,” tegas Iriawan.

Sementara itu, Mochamad Iriawan belum bisa memutuskan jadwal pasti . Menurut Iriawan, Liga 2 musim ini rencananya bakal digelar di empat wilayah dan diharapkan bisa bergulir paling lambat 14 hari setelah kickoff Liga 1 2021/2022.

“Untuk Liga 2, akan kami rapatkan kembali. Ada empat wilayah yang sudah bersedia yakni Palembang, Tangerang Selatan, kemudian Riau dan lain sebagainya. Kami akan tentukan kemudian,” kata Iriawan.

“Kami berharap, pertandingan bisa digelar awal Juli nanti sehingga pada Maret 2022 sudah bisa selesai. Kapan dimulainya, tentunya 14 hari setelah kickoff Liga 1,” tegasnya.

Berita Terkait