Kongres FIFA 2021: Ada Usulan Piala Dunia Digelar 2 Tahun Sekali, Begini Respons PSSI

ikut serta dalam ke-71. Kongres tersebut digelar secara virtual pada Jumat (21/5/2021) malam.

Kongres tadi malam dipimpin langsung oleh selaku Presiden FIFA. Selain PSSI, Kongres tersebut juga diikuti 208 anggota FIFA lainnya.

Dari PSSI, diwakili oleh selaku Ketua Umum (Ketum). Pria yang akrab disapa itu didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi, dan Wakil Sekjen .

“FIFA terus memberikan apresiasi dan dukungan kepada setiap anggotanya agar terus menjalankan program pengembangan dan kemajuan sepak bola. Saat ini, PSSI berharap kompetisi dan dapat bergulir lagi pada Juli 2021,” ujar Iwan Bule, disadur dari laman PSSI, Sabtu (22/5/2021).

berjalan lancar dan PSSI memberikan sejumlah suara pada proses voting yang dilakukan oleh FIFA,” katanya menambahkan.

Saat Kongres tadi malam, FIFA mendapat sejumlah proposal dari anggotanya. Satu di antaranya dari Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi.

Mereka mengajukan agar dilakukan studi kelayakan terkait kemungkinan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA dan Piala Dunia Wanita FIFA setiap dua tahun. Bukan interval empat tahun seperti sekarang.

“Kami harus memasuki studi ini dengan pikiran terbuka. Tapi kami tidak akan mengambil keputusan yang akan membahayakan apa yang sudah kami lakukan. Kami tahu tentang nilai-nilai Piala Dunia,” tutur Infantino

“Kami ingin diskusi ini masuk konteks yang lebih luas, yaitu kalender pertandingan internasional. Apakah kami benar-benar yakin memainkan kualifikasi sepanjang tahun adalah cara yang tepat ketika kami mengatakan bahwa penggemar menginginkan pertandingan yang lebih baik.”

“Semua poin ini harus dipertimbangkan. Tapi kami akan menempatkan elemen olahraga sebagai prioritas utama, bukan elemen komersial,” imbuh Infantino.

Berita Terkait