Pengakuan Osvaldo Haay, Dua Kali Kena Hukum Shin Tae-Yong

Shin Tae-yong terus menempa para pemain timnas Indonesia agar bisa lebih berkualitas. Bukan hanya dalam pertandingan, namun pemain juga harus terbiasa meminimalisir kesalahan dalam sesi latihan.

Osvaldo Haay, salah satu pemain timnas Indonesia saat ini, mengaku dirinya pernah mendapat hukuman dari Tae-yong karena melakukan kesalahan. Pemain Persija Jakarta ini maklum dengan hukuman tersebut.

“Tidak boleh ada kesalahan dalam latihan, Shin Tae-yong sangat detail. Saya dua kali kena hukuman berlari, karena ada sesuatu yang salah saat saya dalam berlatih,” ujar mantan pemain Persipura Jayaputa ini.

Dengan hukuman tersebut, pemain yang akrab disapa Valdo ini justru makin terlecut untuk meningkatkan kualitasnya. “Tentu saya terima kasih kepada pelatih, karena bagus untuk perbaikan diri sendiri,” tutur dia.

Saat ini timnas Indonesia tengah berada di Dubai, Uni Emirat Arab, melakukan pemusatan latihan (TC) demi menyambut lanjutan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka sudah berada di sana sejak 17 Mei.

Pada sesi latihan hari ini, 19 Mei, para pemain sudah mulai berlatih di lapangan setelah mereka sempat berlatih di atas pasir pantai pada awal TC. Tae-yong pun membeberkan menu apa saja yang digarap pemain.

“Latihan bertahan, tadi kami melakukan hal itu, ada juga small sided game, dan terakhir ditutup dengan gim,” jelas Tae-yong, sebagaimana dilansir dari laman resmi PSSI.

“Tujuan dari latihan ini adalah bagaimana supaya para pemain bisa lebih bagus dalam posisi bertahan, menutup pergerakan lawan dengan cepat. Harapannya, mereka tidak boleh melakukan kesalahan usai menyerang dan bertahan,” imbuh dia.

TC ini diikuti 28 pemain yang mayoritas merupakan pemain muda dan wajah baru. Timnas Indonesia ini lumrah saja jika disebut generasi baru, karena banyak pemain yang menawarkan hal berbeda dari timnas sebelumnya.

Pada lanjutan kualifikasi nanti, timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab sebagai tuan rumah. Mereka juga akan melakoni dua laga uji coba yang digelar 25 dan 29 Mei, melawan Afganistan dan Oman.