Kepastian Regulasi Liga 1 dan Liga 2 Diputuskan di Kongres PSSI

Direktur Operasional PT Baru (), Sudjarno mengatakan bahwa terkait regulasi dan Liga 2 nantinya akan diputuskan dalam Kongres Tahunan.

Sudjarno membeberkan terkait pembahasan keberlangsungan Liga 1 dan Liga 2 itu memang pada dasarnya akan dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Tetapi, terkait keputusan resmi soal regulasi Liga 1 dan Liga 2 secara keseluruhan akan diputuskan PSSI.

Menurut Sudjarno keputusan tersebut akan dilakukan di Kongres Tahunan PSSI yang rencananya bergulir pada 29 Mei mendatang.

pada dasarnya telah telah menyelesaikan semua rancangan atau skema yang akan diterapkan di Liga 1 dan Liga 2.

Namun, hal itu soal garis besar keberlangsungan Liga 1 seperti rencana penyelenggaraan kompetisi di tengah pandemi Covid-19 ini.

PT LIB sudah menyiapkan dua opsi penyelenggaraan Liga 1 yang pertama kompetisi bergulir tanpa penonton dan untuk opsi kedua dengan penonton.

Sudjarno mengatakan terkait skema itu sudah disiapkan dengan matang dan hanya tinggal mempresetasikan saja ke Menpora dan juga PSSI.

“Kami dari LIB kan hanya menyusun dan merancang. Kemudian nanti akan kami sampaikan ke federasi, dalam hal ini melalui Exco yang akan merapatkan dan nantinya akan diputuskan di Kongres. Kan begitu mekanismenya,” ujar Sudjarno kepada BolaSport.com, Kamis (20/5/2021).

“Jadi sekarang kami hanya menyiapkan saja. Kami siap mempresentasikan ke PSSI, Menpora yang nanti semua apapun yang diputuskan federasi melalui rapat Exco dan Kongres ya kami siap jalankan,” ucapnya.

Namun, terkait regulasi adanya degradasi atau tidak dalam gelaran Liga 1 dan Liga 2 nantinya tergantung pada hasil Kongres Tahunan PSSI.

Menurutnya hal itu adalah ranah PSSI dan PT LIB nantinya hanya akan menjalankan tugas sesuai dengan keputusan federasi.

“Kalau terkait dengan regulasi, jadi keputusannya ya melalui PSSI dan itu nanti diputuskan di Kongres,” kata Sudjarno.

“Ini kan PT LIB diberi mandat PSSI yang nanti federasi putuskan dari Kongres itu. Nah, mandat tersebut yang akan kami jabarkan secara teknis dan akan kami sampaikan kepada klub Liga 1 dan Liga 2,” tuturnya.

Sementara itu, dari beberapa klub Liga 1 maupun Liga 2 sebagian besar telah menyuarakan pendapatnya terkait regulasi tanpa adanya degradasi pada musim ini.

Sebanyak enam klub Liga 1 telah menyuarakan menolak kompetisi tanpa degradasi.

Enam klub tersebut yakni, Persipura Jayapura, , Borneo FC, Persib Bandung, Jakarta, dan Bali .

Untuk klub Liga 1 lainnya ada yang setuju dan ada pula yang tak memilih.

Sementara untuk klub Liga 2 hanya beberapa tim yang baru bersuara tak setuju, diantaranya PSMS Medan, , dan yang lainnya.

Berita Terkait