Rapat Koordinasi Bahas Liga 1 Kapan? PT LIB: Kami Tunggu Menpora

Direktur Operasional PT LIB (Liga Indonesia Baru), Sudjarno, mengaku pihaknya mengharapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera mengundang untuk menggelar rapat koordinasi bersama guna bahas izin Liga 1 2021.

Rakor itu diperlukan karena izin Liga 1 dan Liga 2 yang diharapkan sudah dikantongi pada Mei hingga saat ini belum juga keluar.

Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bahkan belum memberikan update terbaru terkait permohonan izin yang telah diajukan PT LIB pada 30 April lalu.

Padahal, Liga 1 diharapkan dapat bergulir pada 3 Juli mendatang, tetapi sampai saat ini izin belum juga dikantongi.

Oleh karena itu, Sudjarno berharap Kemenpora bisa segera memanggil para stakeholder terkait untuk membahas soal izin Liga 1.

Rapat koordinasi (rakor) tersebut diharapkan bisa membuka jalan izin Liga 1 menjadi lebih mulus.

Apalagi rekomendasi dari Menpora ke Kepolisian dinilai sangat penting sehingga rakor menjadi salah satu jalan terbaik.

“Kami berharap kalau bisa lebih cepat dilakukan. Dengan adanya rakor, mudah-mudahan bisa menjadi stimulus untuk bisa mendapatkan izin,” ujar Sudjarno kepada BolaSport.com, Kamis (20/5/2021) malam WIB.

Keberhasilan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 juga diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan Polri.

Turnamen pramusim tersebut berlangsung sukses dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Oleh karena itu, izin Liga 1 ini juga diharapkan bisa segera turun karena PT LIB memastikan kompetisi bakal berlangsung sesuai dengan gelaran Piala Menpora 2021.

Sudjarno berharap agar pekan ini atau pekan depan rakor bisa segera digelar.

Menurutnya rakor digelar lebih cepat akan lebih baik untuk tim-tim peserta.

Pasalnya, tak sedikit klub yang memutuskan baru akan menggelar latihan apabila Liga 1 sudah mendapatkan izin dari Kepolisian.

“Kalau dari kami pastinya ingin rakor digelar lebih cepat. Kami berharap bisa segera berlangsung,” kata Sudjarno.

Lebih lanjut, Sudjarno juga mengaku selama ini ia tetap berkomunikasi baik dengan Menpora, Zainudin Amali, ataupun dengan pihak Kepolisian.

Terkait kajian kompetisi, rencana PT LIB juga sudah matang dan Sudjarno memastikan bahwa pihaknya siap mempresentasikan apa yang dimiliki pihaknya.

Sebelumnya PT LIB mengajukan dua opsi penyelenggaraan Liga 1 2021 yang masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Opsi pertama yakni pertandingan digelar tanpa penonton dan opsi kedua dengan penonton yang akan dibatasi.

Menurut Sudjarno semua sudah disiapkan PT LIB, sekarang tinggal menunggu undangan atau panggilan dari Menpora untuk membahas hal tersebut.

“Kami belum tahu soal jadwal rakor itu. Sekarang kami hanya menunggu kabar dari Menpora dan Federasi kapan rakor digelar,” ucap Sudjarno.

“Kalau dari kami sudah siap mempresentasikan rencana Liga 1 dan Liga 2 soal skemanya seperti apa, prokes seperti apa, kami sudah siapkan presentasi semuanya,” tutur Sudjarno.