PSIS Siap Jalani Sistem Kompetisi Liga 1 Terpusat di Pulau Jawa

Kompetisi kemungkinan besar akan digelar dengan sistem bubble to bubble atau terpusat di Pulau Jawa dengan alasan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Beberapa klub pun sudah merespons wacana tersebut, salah satunya PSIS Semarang melalui Chief Executive Officer (CEO) klub, .

Menurutnya, kompetisi dengan sistem terpusat akan meminimalkan mobilitas peserta kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

“Berkaca dari kemarin (red-Piala Menpora), kemarin di sempat dibahas banyaknya usulan dari klub Liga 1 dan supaya keberhasilan di Piala Menpora diterapkan di Liga 1,” tutur Sukawi.

“Seperti Piala Menpora kemarin, protokol di venue pertandingan diterapkan dengan baik dan benar. Ke stadion dekat. Itu kan mengurangi risiko penyebaran Covid-19 dan menghemat pembiayaan tim peserta kompetisi juga,” lanjutnya.

Yoyok Sukawi juga menegaskan bahwa klubnya mendukung rencana kompetisi dengan sistem terpusat. Namun soal keputusan resminya, ia menyerahkan kepada klub peserta saat .

“Kalau kami PSIS siap dan mendukung, namun keputusannya tetap kami serahkan ke ,” tandas Yoyok Sukawi.

Yoyok Sukawi yang juga kebetulan duduk di Executive Committee PSSI lantas menceritakan bahwa kompetisi dengan sistem bubble to bubble nantinya akan menerapkan kompetisi penuh dengan masing-masing klub menjalani 34 pertandingan.

“Jadi walaupun formatnya bubble, tetap home away dengan sistem kompetisi penuh, namun pertandingannya terpusat seperti di Piala Menpora. Mungkin di beberapa kota. Nanti akan dibahas lebih lanjut di kongres,” pungkasnya.

Di Piala Menpora kemarin, PT. Baru sebagai organizing committee menunjuk empat tempat yakni Malang, Solo, Sleman, dan Bandung sebagai venue terpusat penyelenggara.

Keputusan mengenai sistem bubble nantinya akan diputuskan dalam kongres tahunan PSSI untuk membahas sistem dan format kompetisi di Jakarta pada 29 Mei 2021 mendatang.

Selain soal bubble to bubble, pada kongres tersebut juga akan diputuskan mengenai isu kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi yang sempat mencuat beberapa waktu terakhir.

Berita Terkait