Marc Klok Diminati Klub Thailand & Timur Tengah

Satu lagi pemain Indonesia yang mendapat perhatian dari klub luar negeri. Ketertarikan kali ini hadir kepada gelandang naturalisasi milik Persija Jakarta, Marc Klok, yang sebenarnya masih terikat kontrak jangka panjang dengan tim ibu kota.

Beberapa bulan lalu, Klok juga sudah sempat menarik minat dari klub negara tetangga, Malaysia. Bukan hanya satu klub yang siap menampung Klok di tengah ketidakjelasan kompetisi Indonesia saat itu, namun ada tiga klub Negeri Jiran yang coba mendekatinya.

Kali ini, tawaran yang lebih menarik datang kepada Klok. Kualitas dari mantan pemain PSM Makassar itu sudah terbukti pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu, dengan dirinya membantu klub juara, juga menyabet gelar pemain terbaik turnamen.

Sumber yang dipercaya mengatakan kepada Goal Indonesia, bahwa ada beberapa klub dari Thailand, dan juga Timur Tengah yang berminat menawarkan kontrak untuk pemain kelahiran Amsterdam berusia 28 tahun tersebut.

Klub dari Thailand yang berminat untuk merekrut Klok adalah Bangkok United, dan Buriram United FC. Sementara dari belahan Timur Tengah, Al Wahda yang berkompetisi di Uni Emirat Arab (UEA) lah yang menginginkan Klok.

Tentunya keinginan klub-klub tersebut untuk menghadirkan Klok tidak bisa begitu saja terwujud, karena si pemain masih terikat kontrak dengan Persija hingga 2024. Dihadirkan pada awal Februari 2020, Klok sendiri belum sempat tampil pada kompetisi resmi secara satu musim penuh untuk Persija.

Pandemi virus corona membuat kompetisi musim lalu terhenti di tengah jalan, dan Persija baru memainkan dua pertandingan. Namun musim ini, Liga 1 2021 sepertinya akan bisa dijalankan, dan Persija pasti membutuhkan tenaga Klok di lini tengah.

Jalan untuk pemain Indonesia merambah kompetisi luar negeri memang semakin terbuka saat ini. Sudah beberapa pemain yang berkarier di Eropa, sebut saja Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri. Sementara di Korea Selatan, ada Asnawi Mangkualam yang menggebrak bersama Ansan Greeners.

Thailand sendiri bukan tempat yang asing untuk pemain Indonesia. Di sana sudah ada Rudolof Yanto Basna yang membela Prachuap FC pada musim 2020, dan kabarnya eks Bhayangkara FC, Nurhidayat Haji, juga bakal bermain di Negeri Gajah Putih.