Latihan Perdana Usai Libur, PSG Pati Tatap 3 Uji Coba

Usai sudah masa libur sepanjang dua pekan tim PSG (Putra Safin Grup) Pati, skuat berjuluk Laskar Kambangjoyo sudah langsung menggelar latihan perdananya pada Kamis (20/05/21) sore.

Latihan perdana ini dipimpin langsung oleh pelatih kepala, Ibnu Grahan di training ground Gelora Soekarno, Desa Mojoagung, Trangkil, Pati. Latihan itu diikuti seluruh pemain PSG Pati yang sudah diikat kontrak, juga beberapa pemain seleksi.

“Sebelum latihan perdana digelar, pagi harinya, kita lebih dulu melakukan swab antigen sebagai langkah awal terkait protokol kesehatan. Dan syukur alhamdulillah hasilnya negatif semua,” kata Ibnu Grahan.

Mengenai kondisi pemain pada latihan perdana, mantan Surabaya ini mengaku senang. Sebab para pemainnya tetap menjaga kebugaran selama libur.

“Kondisi pemain Alhamdulillah tidak drop karena memang selama libur, kita beri anak-anak pekerjaan rumah. Saya juga mengapresiasi profesionalitas pemain dalam menjaga kebugaran masing-masing,” ucap Ibnu.

Pada latihan perdana itu, tim pelatih memantau kondisi pemain dengan beberapa materi untuk memantau kebugaran pemain. Misalnya saja tes 400 meter, 100 meter dan 50 meter sprint.

Tim pelatih juga memantau sentuhan para pemain, baik saat menguasai bola maupun saat kehilangan bola. “Latihan inti hanya sekitar 30 menit. Selebihnya banyak ke aktivasi dan peregangan,” tambah pelatih yang sempat mencetak gol ke gawang di laga eksibisi lawan Surabaya Selection tahun 1994 silam.

Ditanya mengenai evaluasi dan program tim beberapa hari kedepan, Ibnu menjelaskan jika dari pantauan usai laga lawan Bhyangkara Solo FC dan Persipura Jayapura, anak asuhnya masih kurang dalam strength dan power.

“Ini yang akan kita asah terus sebelum kita menuju ke Yogyakarta untuk agenda uji coba,” ujar Ibnu. Selain itu, kondisi fisik pemain juga disebutnya akan terus ditingkatkan dengan materi latihan endurance.

Terpisah, manajer PSG Pati, menjelaskan, setidaknya, ada tiga laga latih tanding yang disiapkan untuk tim saat berada di Yogyakarta nanti.

“Selain berkesempatan menguji tim pada 31 Mei mendatang, rencananya kita juga akan menghadapi tim Liga 2 dan lainnya juga di Yogyakarta,” kata pria yang akrab disapa Jalu itu.

Kesempatan ini disebutnya sangat berharga untuk dapat terus mengasah dan mematangkan beragam elemen mulai dari kerjasama, kekompakan hingga faktor mental tim sebelum berkompetisi di Liga 2 2021 mendatang.

Berita Terkait