Pakai Jersey Timnas Indonesia, Renan Silva Kode Naturalisasi?

Salah satu eks pilar Persija nampak seperti memberikan kode ingin dinaturalisasi seusai dirinya menggunggah foto dengan mengenakan jersey timnas Indonesia.

Fenomena pemain asing dinaturalisasi dengan kesempatan membela timnas Indonesia memang masih merebak, terbaru terjadi di Persija Jakarta.

Di Persija Jakarta, ada satu nama pemain berpaspor luar negeri yang baru saja dinaturalisasi dan sempat dipanggil timnas Indonesia yakni Marc Klok.

Marc Klok turut membantu Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021, tak lama setelah itu langsung dipanggil ke timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Namun, Klok hanya mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia selama kurang lebih empat hari karena setelah itu harus menemani sang istri yang akan melahirkan.

Meskipun begitu, impian gelandang kelahiran Belanda tersebut masuk timnas Indonesia sudah setengah tercapai.

Marc Klok sempat mengutarakan impiannya membela timnas Indonesia seusai resmi menjadi Warga Negara Indonesia lewat proses naturalisasi 12 November 2020.

Kesuksesan Marc Klok ke timnas Indonesia itu bisa saja diikuti oleh Renan Silva.

Terlebih, Renan belum lama ini menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia.

Kecintaannya itu ditunjukkan Renan Silva yang dengan bangga mengenakan jersey timnas Indonesia.

Hal ini diungkap oleh Renan lewat unggahan Instagram-nya pada 19 April 2021.

“Saat saya memakai baju ini (timnas Indonesia), saya merasa seperti orang Indonesia asli,” tulis Renan Silva seperti dilansir oleh BolaSport.com dari Instagram-nya.

“Saya memiliki cinta yang besar untuk negara ini dan juga untuk orang-orang Indonesia ini.”

“Saya merasakan dan melihat cinta orang-orang di sini untuk saya juga.
Kami saling mencintai!” tambah Renan.

Selain itu, Renan Silva juga sempat mengutarakan keinginannya untuk membela timnas Indonesia.

Keinginannya tersebut pernah disampaikan oleh Renan ketika dihubungi oleh BolaSport.com, 12 September 2020.

“Saya sudah bermain di Indonesia selama tiga tahun dan saya mencintai budaya dan negaranya (Indonesia),” kata Renan Silva kepada BolaSport.com.

“Akan menjadi suatu kehormatan kalau saya bisa mendapatkan naturalisasi dan bermain untuk tim nasional (Indonesia). Sebuah mimpi menjadi kenyataan!” tutur pesepak bola berusia 32 tahun tersebut.