Kata Aji Santoso Soal Kabar Persebaya Ikut Turnamen Pramusim Nine Sport

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku belum menerima informasi dari manajemen soal keikutsertaan di turnamen pramusim Nine Sport. Namun, pelatih 51 tahun itu menyambut baik turnamen tersebut tapi dengan sejumlah syarat.

Persebaya menjadi salah satu tim yang disebut-sebut setuju untuk mengikuti turnamen pramusim Nine Sport. Selain Persebaya, rencananya turnamen tersebut akan diikuti diantaranya oleh Persija, Persis, PSMS, Sriwijaya atau PSG Pati.

Akan tetapi, ketika dikonfirmasi, Aji mengaku belum mendapat info resmi terkait turnamen tersebut.

“Saya tahu Nine Sport waktu persiapan Asian Games (2015), dia sebagai sponsor (timnas Indonesia),” kata Aji sesuai latihan Persebaya, Rabu (19/5/21).

“Cuma sampai hari ini belum mendapatkan informasi dari manajemen apakah itu (turnamen) memang benar ada atau tidak. Saya cuma membaca di media bahwa akan ada turnamen pramusim, tapi secara kepastian saya belum tahu, jadi belum bisa berkomentar banyak soal itu.”

Namun, jika akhirnya turnamen tersebut digelar dan Persebaya memutuskan ikut maka Aji dan tim pelatih harus melakukan beberapa penyesuaian.

“Sebenarnya umpamanya kompetisi (Liga 1) awal Juli, maka di bulan Juni ini efektifnya memang hanya untuk persiapan, bukan untuk turnamen.

“Karena apa? Kalau turnamen (mulai) di pertengahan bulan Juni tanggal 15, berarti kan persiapan kami mepet, setelah itu kami ikut kompetisi. Kalau turnamen ini jadi, pasti akan sedikit ada penyesuaian. “

Meski begitu Aji tidak sepenuhnya menolak. Bagi Aji, turnamen tersebut bakal ideal diselenggarakan jika seluruh pemain Persebaya sudah komplet dan diselenggarakan dalam waktu yang tepat.

“Sebenarnya kalau waktunya tepat dan pemain-pemain saya sudah kumpul semua, artinya pemain saya komplet, perlu (diadakan).

“Di timnas kemungkinan tanggal 11 terakhir, mungkin (pemain Persebaya di timnas Indonesia) bisa pulang, (lalu) pemain asing semua sudah datang. (Jika pemain Persebaya komplet) sangat perlu untuk mengikuti turnamen ini.”

Tiga pemain Persebaya yaitu Rachmat Irianto, Rizky Ridho dan Koko Ari Araya mendapat panggilan timnas Indonesia terbang ke Uni Emirat Arab. Ketiganya kemungkinan baru kembali ke Surabaya pada pertengahan Juni mendatang.

Sedangkan dua dari empat pemain Persebaya dijadwalkan tiba di Indonesia akhir bulan Mei. Namun, mereka harus menjalani karantina lebih dulu dan kemungkinan baru akan bergabung pada bulan Juni.