Bali United Mulai Latihan, Gunawan Dwi Cahyo Jalani Sesi Terpisah

Bali United memulai program latihan untuk persiapan kompetisi Piala AFC 2021 setelah sempat meliburkan tim selama dua pekan. Dalam latihan perdana di Lapangan Yoga Perkanthi, Jimbaran, Badung, Rabu (19/05/21) sore, hanya Gunawan Dwi Cahyo yang menjalani latihan terpisah bersama fisioterapis.

Bali United meliburkan program latihan sejak 6 Mei lalu. Para pemain diwajibkan tetap latihan saat program diliburkan. Aktivitas itu dilaporkan ke tim pelatih melalui rekaman video.

Artinya, selama libur pun para pemain dituntut untuk tetap kerja keras. Denda menanti pemain yang berat badannya mengalami kenaikan.

Aturan ketat dilakukan karena Bali United akan mengikuti Piala AFC 2021. Jawara Liga 1 2019 ini hanya memiliki waktu sekitar 45 hari menuju laga perdana fase grup Piala AFC 2021.

Bila sesuai jadwal, grup G yang dihuni Bali United akan dipertandingkan pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021. Bali United satu grup dengan Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket FC (Kamboja) serta satu tiket yang masih diperebutkan wakil Laos dan Brunei Darussalam.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengatakan latihan perdana berjalan bagus. Seluruh pemain sudah mengikuti program bersama-sama.

“Hanya Gunawan yang latihan terpisah sama fisio. Untuk pemain lain ikut program dari pelatih fisik. Latihan ini kita fokuskan pada fisik atau kondisi aerobik dari semua pemain,” ucap Teco usai latihan.

Bali United cukup puas dengan kedisiplinan para pemain. Dalam latihan perdana, para pemain berkomitmen untuk hadir tepat waktu. Program latihan yang diberikan selama libur pun dijalankan para pemain.

Kedisiplinan ini juga termasuk soal menjaga pola makan selama liburan. Pada sesi timbang badan, tak ada pemain yang mengalami kenaikan berat badan.

“Berat badan rata-rata semua bagus, tidak ada yang naik. Semua stabil. Artinya mereka menjalankan latihan, menjalankan pola makan dan semua pun datang pada latihan pertama,” imbuh pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha.

Bali United masih punya waktu untuk mengejar level agar bisa tampil optimal di Piala AFC 2021. Kerja keras perlu dilakukan lantaran Hanoi FC dan Boeung Ket FC sudah memanaskan mesin lewat kompetisi domestik.

Situasi tersebut berbanding terbalik dengan Bali United. Sejak tim mulai berlatih pada 8 Februari lalu, Fadil Sausu dkk. hanya sempat bertanding lima kali. Empat laga di Piala Menpora 2021 dan satunya saat uji coba melawan Timnas SEA Games.