Alasan Shin Tae-yong ‘Paksa’ Pemain Indonesia untuk Main di Luar Negeri

Pelatih , mengimbau anak asuhnya agar berani mengambil tawaran bermain di luar negeri. Hal itu akan membantu meningkatkan kualitas pesepak bola Tanah Air.

Shin Tae-yong menilai pemain Indonesia bisa berkarier di luar negeri karena punya kemampuan dan potensi. Mangkualam (Korea Selatan), (Australia), (Polandia), dan Witan Sulaeman (Serbia) adalah buktinya.

“Jangan hanya mau main di Indonesia saja, tapi juga di luar seperti di Korea Selatan, Egy Maulana di Polandia, Witan di Serbia, dan Abimanyu di Australia. Menurut saya kalian bisa bermain di luar negeri,” kata Shin Tae-yong, Minggu (16/5/21).

Sekadar mengingatkan, Asnawi kini berseragam Ansan Greeners ( Korea Selatan), Egy Maulana Vikri di (Liga Polandia), Witan Sulaeman di Radnik Surdulica (Liga Serbia), dan Syahrian Abimanyu di Newcastle Jets (Liga Australia).

Satu hal yang ditekankan Shin Tae-yong adalah kemauan untuk bekerja lebih keras, melampaui batas kemampuan. Sikap itu wajib diasah supaya bisa bersaing di liga luar.

“Dari sekarang kalian harus mengubah pikiran untuk mengubah mental dan fisik yang kuat. Setiap pertandingan kalian harus punya tekad. Kalau tidak bunuh lawan, kami yang akan mati,” cetusnya.

“Dengan (membentuk) mental seperti itu harus mengikuti latihan yang baik. Jujur untuk fisik dan kemampuan lebih baik sekarang. Yang ada di sini sekarang (timnas Indonesia),” tuntas Shin Tae-yong.

Berita Terkait