Penanaman Filosofi Mendalam kepada Para Pemain Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan bahwa apa yang ia lakukan selama ini jauh dari kata sebuah pencitraan.

Seperti diketahui, selama ini dirinya selalu memberikan motivasi kepada para pemain timnas Indonesia setiap kali melakukan pemusatan latihan (TC).

Dalam motivasi tersebut, Mochamad Iriawan selalu menanamkan filosofi mendalam layaknya seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Filosofi yang ditanam adalah agar mau berjuang habis-habisan saat bertempur atau kata lainnya “siap mati dalam pertempuran”.

Dengan menanamkan filosofi tersebut, Mochamad Iriawan berharap agar para pemain tak patah semangat jika menemui kebuntuan di atas lapangan.

Ia juga menjauhkan para pemain agar tidak ada yang malas-malasan saat bermain.

“Mereka diberikan semangat, matipun di lapangan hijau siap, itu kan arti filosofi nya. Kalau di tentara mati dalam pertempuran suatu kehormatan,” katanya kepada awak media, Jumat (14/5/2021).

Apalagi ia juga mengingatkan kepada para pemain bahwa perjuangannya disaksikan ribuan pasang mata di seluruh dunia.

Maka dari itu pria yang biasa disapa Iwan Bule tersebut meminta kepada para pemain untuk selalu memberikan yang terbaik kepada timnas Indonesia.

“Mereka memberikan yang terbaik untuk tim itu suatu kehormatan. Kan saya kepada mereka, kalian itu ditonton oleh jutaan pasang mata Indonesia,” jelasnya.

Bahkan tidak hanya diterapkan kepada timnas Indonesia senior, tetapi juga kepada timnas U-19 Indonesia.

Iwan Bule juga memgakui bahwa apa yang ia lakukan semata untuk memajukan persepak bolaan Indonesia.

“Jadi itu semangat saya kepada mereka. Itu juga saya lakukan kepada timnas U-19 Indonesia. Jadi saya tidak mau pencitraan, Ketum video call pura-pura. Bukan, tanyakan kepada mereka, itu demi pesepakbola Indonesia,” tutupnya.