Oman Matangkan Taktik Lawan Indonesia & Thailand

Pelatih Oman Branko Ivankovic menjadikan pertandingan uji coba melawan Indonesia dan Thailand di Dubai, Uni Emirat Arab, sebagai kesempatan untuk mematangkan taktik permainan sebelum mereka berlaga di pertandingan lanjutan Grup E kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar pada awal Juni.

Skuad Oman telah bertolak ke Dubai hari ini untuk memulai persiapan mereka menghadapi laga Grup E. Seperti dijadwalkan sebelumnya, Oman terlebih dulu melawan Thailand pada 25 Mei, dan empat hari kemudian meladeni Indonesia.

Oman memilih menggelar pemusatan latihan (TC) di UEA karena adanya larangan aktivitas olahraga hingga September akibat pandemi virus Corona dari pemerintah setempat. TC di Dubai kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

Pada TC sebelumnya, Ivankovic lebih fokus kepada menjaga kebugaran pemain akibat tidak ada aktivitas sepakbola. Sedangkan dalam TC ketiga ini, Ivankovic ingin mematangkan skema permainan Al Ahmar.

“TC di Dubai memang kami siapkan untuk mewujudkan target yang sudah kami susun. Kami sebelumnya berusaha menjaga kondisi pemain di persiapan tim nasioal,” ujar juru taktik asa Kroasia itu dikutip laman Oman Daily.

“Kamp ketiga di Dubai akan berbeda dibandingkan sebelumnya, karena kami lebih fokus kepada aspek taktik dan lainnya. Kami akan menjalani dua pertandingan melawan Indonesia dan Thailand di sana.”

Sementara itu, pemain muda Mundher Al Alawi merasa bersyukur mendapat kesempatan memperkuat Oman di kualifikasi Piala Dunia. Apalagi ia sempat tidak bermain selama enam bulan untuk memulihkan cedera ligamennya.

Al Alawi menegaskan komitmennya ke tim nasional, dan belum memikirkan kontraknya bersama Dhofar SCSC yang sudah berakhir. Pemain berusia 21 tahun itu dianggap sebagai pemain berprospek cerah, dan kini menjadi rebutan sejumlah klub.

“Saya dihubungi banyak klub, baik dari Oman maupun negara Arab lainnya. Tapi sekarang saya belum memikirkannya, tunggu saja sampai dua bulan ke depan,” ucap Al Alawi.

“Saya ingin berterima kasih kepada pelatih tim nasional. Saya kini datang ke pemusatan latihan dengan motivasi tinggi, dan berusaha memenuhi keinginan suporter [dengan membantu Oman lolos ke Piala Dunia].”