Pemain Timnas Indonesia Mesti Ubah Mental & Fisik Untuk Main Di Luar Negeri

Pelatih Shin Tae-yong, menginginkan anak asuhnya berani bermain di luar negeri. Ia yakin hal tersebut bakal berdampak bagus untuk karier pemain.

Sudah ada beberapa pemain timnas Indonesia yang memutuskan bergabung dengan klub luar negeri. Di antaranya, Egy Maulana Vikri (), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), dan (Newcastle Jets).

Bahkan, Tae-yong menjadi aktor penting kepindahan Mangkualam ke . Ia yang merekomendasikan klub Korea Selatan tersebut untuk merekrut pemain berusia 21 tahun itu.

“Jangan hanya mau main di Indonesia saja, tapi juga main di luar negeri seperti Egy, Witan, dan Abimanyu,” kata Tae-yong di Jakarta, Jumat (14/5).

Pernyataan tersebut karena Tae-yong, menilai pemain timnas Indonesia mempunyai kualitas untuk bersaing di luar negeri. Maka dari itu, ia mau anak asuhnya berani mengambil risiko.

“Saya rasa kalian bisa bermain di luar negeri. Dari sekarang kalian harus mengubah pikiran untuk mengubah mental dan fisik yang kuat,” ujar juru formasi berpaspor Korea Selatan tersebut.

Saat ini Tae-yong sedang mempersiapkan timnas Indonesia untuk menjalani laga sisa 2022. Ada tiga pertandingan yang dimainkan skuad Garuda.

Thailand menjadi lawan yang dihadapi pada 3 Juni mendatang, empat hari kemudian bersua . Terakhir timnas Indonesia bentrok dengan (UEA), 11 Juni 2021.

Seluruh pertandingan tersebut dilangsungkan di Dubai, UEA. selaku konfederasi sepakbola Asia memutuskan hal ini karena pandemi virus corona belum berakhir.

Sebelum memainkan laga Kualifikasi Piala Dunia, timnas Indonesia bakal melakoni dua uji coba. Pasukan Merah Putih diagendakan melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).

Sebanyak 28 pemain diboyong untuk menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan uji coba. Dijadwalkan timnas Indonesia terbang ke Dubai, UEA pada 17 Mei mendatang.

Berita Terkait