Tugas Berat Dimiliki Igor Kriushenko Bersama Persikabo Jelang Liga 1 2021-2022

Pelatih Persikabo 1973, Igor Kriushenko tampaknya bakal bekerja lebih keras lagi dalam menangani tim pada Liga 1 2021-2022.

Bagaimana tidak, disaat mayoritas tim sedang memperkuat diri, Persikabo justru ditinggal sejumlah pilar utama.

Dimulai dari bek sayap muda potensial, Rifad Marasabessy yang menyeberang ke Kalimantan dengan bergabung ke Borneo FC.

Perginya alumni timnas U-19 Indonesia itu cukup mengejutkan, sebab ia juga berstatus anggota TNI aktif.

Kondisinya pun sedang dalam performa menanjak, setelah sebelumnya mengalami cedera cukup parah.

Praktis, pos sisi kanan pertahanan Persikabo kini keropos, jika tak bisa diisi pengganti yang sepadan.

Tak lama setelah Rifad, kejutan lain muncul setelah Borneo FC juga tiba-tiba meresmikan Wawan Febriyanto sebagai pemain baru.

Padahal, sebelum Piala Menpora 2021 bergulir, kepindahan Wawan ke PS Sleman urung terlaksana lantaran Persikabo masih membutuhkan tenaga pemain berusia 27 tahun itu .

Kabar terbaru menyebutkan, salah satu kapten Persikabo, Abduh Lestaluhu juga bakal menyusul dua rekannya tersebut.

Abduh kedapatan sudah berpamitan dengan Persikabo lewat unggahan di Instagram pribadinya, meski belum diketahui pasti kemana ia akan berlabuh.

Santer terdengar, Abduh akan bergabung ke klub Liga 2, Persis Solo yang memang tengah membangun kekuatan tim demi target promosi ke Liga 1 musim depan.

Rumor itu diperkuat setelah beberapa hari lalu salah satu pemilik Persis yang juga putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menulis status di Twitter, tengah mencari bek sayap kiri.

Adapun Abduh bukan sosok asing untuk Persis. Ia pernah membela tim berjuluk Laskar Sambernyawa pada 2011-2013, sebelum diangkut Persija Jakarta.

Abduh baru bergabung ke Laskar Padjadjaran, julukan Persikabo pada 2015 dan sudah memainkan 95 pertandingan sejauh ini.

Kepergian tiga pemain yang memang selalu menghuni posisi inti jelas menjadi kabar buruk bagi Igor Kriushenko.

Apalagi, pelatih asal Belarusia tersebut punya “pekerjaan rumah” menumpuk untuk memperbaiki performa Persikabo jelang bergulirnya Liga 1.

Hal itu tak lepas dari performa tim di Piala Menpora yang sangat mengecewakan. Yakni tak lolos ke fase gugur meski sudah bersiap lama.

Persikabo harus puas berada di posisi tiga klasemen putaran grup dengan hanya meraih dua poin dari dua hasil imbang dan satu kekalahan.

“Sejauh ini saya merasa senang dan puas dengan apa yang saya peroleh di sini,” kata Igor saat ditanya kemungkinan menerima tawaran dari klub lain.

“Saya ingin mendapatkan hasil maksimal dengan tim yang saya tangani dan selanjutnya kita lihat apa yang terjadi,” ia menambahkan.

Igor pun belum menanggapi secara resmi perihal kepergian tiga pemain andalannya dan lebih memilih untuk memberikan dukungan ke dua pemainnya yang dipanggil timnas Indonesia.

Dua pemain Persikabo saat ini memang sedang mengikuti training center (TC) timnas Indonesia, yakni dua bek, Andy Setyo dan Didik Wahyu.

“Tentu saya senang bisa melihat anak-anak asuh saya dipanggil TC timnas. Diharapkan Didik dan Andy mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya,” kata Igor, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Andy dan Didik merupakan pemain yang memiliki potensi besar dan diyakini bisa memberikan kontribusi bagus untuk timnas senior Indonesia.

Doa pun dipanjatkan agar kedua pemainnya dapat memberikan yang maksimal dan kembali ke Persikabo dalam kondisi sehat.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuan terbaik kalian dan tetap berhati-hati supaya ketika kembali ke tim dalam keadaan sehat dan tidak dalam keadaan cedera,” Igor memungkasi.