Menebak Komposisi Barisan Pertahanan PS Sleman di Liga 1 2021

Sektor pertahanan PS Sleman di musim 2021 menjadi salah satu sektor yang mengalami perubahan besar-besaran.

Sebab, pada awal musim, sektor ini mendapatkan suntikan pemain tambahan lewat kinerja transfer yang dilakukan pihak manajemen.

Setidaknya, ada tiga nama bek tengah baru yang direkrut, yakni , Fandry Imbiri, dan Mario Maslac (Serbia).

Ketiga nama ini jelas menjadi opsi tambahan bagi pelatih Dejan Antonic untuk membangun tembok kokoh di barisan pertahanan.

Namun demikian, apabila dilihat dari komposisi yang dipilih Dejan sepanjang turnamen Piala Menpora 2021, hanya Beltrame dan Mario Maslac yang sering dimainkan.

Kedua pemain ini beberapa kali berduet untuk mengawal jantung pertahanan. Keduanya juga tak jarang bermain secara bergantian untuk menemani Asyraq Gufron.

Sedangkan Fandry Imbiri baru sekali main saat PSS melawan pada partai perebutan tempat ketiga.

Pada babak perebutan tempat ketiga itu, ia dipasang sebagai starter dan bermain penuh selama 2×45 menit.

Pemain berusia 30 tahun itu lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan karena sebuah alasan: kelebihan berat badan.

Meskipun demikian, mantan pemain itu tetap harus bekerja ekstra keras untuk mencapai postur ideal yang diinginkan oleh tim pelatih.

Selain keempat nama itu, sebetulnya masih ada pemain asing asal Australia, Aaron Evans, yang juga berposisi asli sebagai bek tengah.

Namun, sejak turnamen Piala Menpora 2021, Evans mendapat peran baru dari Dejan, yakni menjadi gelandang bertahan.

Sebetulnya, masih ada Ifan Nanda, bek muda jebolan tim (EPA) PS Sleman yang berposisi sebagai bek tengah.

Namun, melihat ketatnya persaingan di jantung pertahanan, peluang pemain berusia 20 tahun itu untuk bermain terbilang sangat tipis.

Terlepas dari hal tersebut, perubahan kompsisi semacam ini membuktikan bahwa sektor bek tengah PSS memang belum memiliki pakem yang paten.

Artinya, masih ada sejumlah opsi komposisi, baik itu memasang duet Fabiano-Maslac, Fabiano-Gufron, ataupun Gufron-Maslac.

Sementara di sektor kanan, posisi utama hampir selalu menjadi miliki kapten tim PS Sleman, .

Sayangnya, pemain yang akrab disapa Munyeng itu tak memiliki pelapis yang cukup mumpuni.

Bahkan, Dejan sempat memasang Evans untuk menggantikan Munyeng yang tak bisa bermain.

Padahal, ada pula nama Dendi Maulana yang berposisi sebagai bek kanan. Namun, ia tak pernah muncul pada Piala Menpora 2021.

Khusus untuk Munyeng, perannya di sektor kanan memang tak tergantikan. Pemain berusia 28 tahun itu bahkan masuk nominasi Sebelas Pemain Terbaik Piala Menpora 2021.

Adapun di sektor bek sayap kiri menjadi salah satu posisi yang memiliki opsi yang terbilang paling banyak.

Sebab, ada tiga nama pemain yang secara bergantian dimainkan oleh tim pelatih, yakni Noor, Samsul Arifin, dan Arthur Irawan.

Dua nama yang disebutkan paling awal memang menjadi opsi terbaik yang bisa dipilih oleh Dejan Antonic.

Kredit khusus juga layak diberikan oleh Samsul Arifin. Sebab, ia sukses mencatatkan dua assist sepanjang turnamen Piala Menpora 2021.

Karena kontribusi itu pula, bek kiri berusia 29 tahun itu juga masuk nominasi Sebelas Pemain Terbaik Piala Menpora 2021.

Sementara itu, Arthur Irawan juga bisa menjadi pilihan bagi tim pelatih. Lagi pula, ia juga baru saja mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia.

Berita Terkait