Asnawi Mangkualam Bahar Jadi Duta Kehormatan Pariwisata Korea Selatan

Kesuksesan Bahar bersama klub 2 membuat Organisasi Pariwisata Korea (KTO) menjadikan dirinya sebagai duta kehormatan untuk pemasaran di .

KTO merupakan organisasi di bawah payung kementerian kebudayaan dan pariwisata. Organisasi yang didirikan pada 1962 ini tidak hanya berusaha mendatangkan wisatawan lokal, tapi juga mancanegara. Industri pariwisata disebut sebagai salah satu faktor utama yang memberikan pengaruh terhadap perekonomian Korsel.

Jalinan kerja sama ditandangani antara pemerintah Ansan, manajemen klub, dan KTO kemarin. Pemerintah provinsi Gyeonggi melalui Ansan berusaha meningkatkan jumlah pengunjung pariwisata di wilayah tersebut.

Berdasarkan perjanjian kerja sama itu, ketiga belah pihak membuat program seperti menyaksikan pertandingan K League, mengembangkan produk wisata di Ansan, dan menarik minat wisatawan melalui promosi secara daring.

Bukan itu saja, ketiga belah pihak juga mempromosikan pariwisata olahraga melalui jaringan KTO di luar negeri, memperluas infrastruktur, dan meningkatkan jumlah wisatawan muslim dari kawasan Asia Tenggara.

“Kami akan melakukan yang terbaik dalam memasarkan pariwisata, sehingga sepakbola Korea dapat muncul sebagai Korean Wave (popularitas kebudayaan) lainnya di Indonesia yang memiliki populasi 270 juta jiwa,” ujar wali kota Ansan, Yoon Hwa-seop, dikutip laman kantor berita Yonhap.

Pernyataan tidak jauh berbeda disampaikan Kim Ho-seok. CEO Ansan itu mengatakan, Ansan merupakan salah satu kota di Korsel yang ditinggali masyarakat dengan multikultur dari berbagai negara.

“Kami senang menjadi bagian untuk mempromosikan beragam pengalaman pariwisata dan multikultur di Kota Ansan di Asia Tenggara melalui perjanjian ini. Kami akan terus melakukan yang terbaik agar Ansan Greeners dapat membayar kembali harapan banyak orang dengan nilai yang baik,” tutur Ho-seok.

Sementara itu, merasa senang dengan tugas barunya itu. Ia berharap masyarakat Indonesia bisa mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan Korsel, dan menjadikan Negeri Ginseng sebagai destinasi wisata.

“Terima kasih kepada pemerintah kota ansan dan Korea Tourism Organization telah memilih [saya] sebagai Duta Kehormatan Pariwisata Korea,” demikian tulis Asnawi melalui akun Instagram pribadinya.

“[Saya] Sangat bersyukur, dan berharap semoga orang indonesia bisa lebih banyak mengenal tentang pariwisata Korea secara luas melalui sepakbola, terkhusus di kota Ansan.”

Berita Terkait