Persiraja Banda Aceh Dukung Kompetisi Tanpa Degradasi

Persiraja Banda Aceh, menyatakan dukungannya Liga 1 musim ini dilangsungkan tanpa degradasi. Pernyataan tersebut diucapkan sekretaris umum Laskar Rencong Rahmat Djailani.

Sejumlah klub mengusulkan Liga 1 dan Liga 2 musim ini tanpda degradasi. Usulan tersebut dibahas ketika PSSI menggelar rapat komite eksekutif (Exco) beberapa hari lalu.

PSSI menyebut ada sejumlah alasan yang membuat klub meminta musim ini tanpa degradasi. Satu di antaranya karena kompetisi dilangsungkan dalam suasana pandemi virus corona yang belum berakhir.

“Kalau boleh Liga 1 diizinkan tanpa degradasi misalnya. Karena saya dengar ada permintaan dari klub-klub seperti itu,” kata Rahmat saat dihubungi awak media.

PSSI bakal membawa persoalan penghapusan degradasi ke Kongres Tahunan. Rencananya, agenda itu dilaksanakan di Jakarta pada 29 Mei mendatang.

Selain itu, PSSI akan berkomunikasi dengan AFC dan FIFA. Langkah tersebut dilakukan agar federasi sepakbola nasional itu tidak melanggar aturan yang berlaku bila Liga 1 dan Liga 2 digelar tanpa degradasi.

“Ya kami setuju tanpa degradasi, kompetisi ini belum jelas mau seperti apa. Kalau sempat dibuat seperti Piala Menpora kemarin misalnya, home tournament begitu,” ucapnya.
Artikel dilanjutkan bawah ini

Rahmat menyebut bila Liga 1, digelar hanya di Pulau Jawa, bakal memengaruhi timnya. Menurutnya, para pemain Persiraja kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Susah juga buat kami tim yang di luar pulau Jawa, ada pemain kami yang kangen rumah, kangen keluarga, dan segala macamnya. Ya itu seperti hal sepele tapi kan percaya atau tidak itu berpengaruh terhadap performa tim,” ucapnya.

Saat ini skuad Persiraja sedang diliburkan. Selama masa rehat para pemain tetap diminta menjaga kondisi agar tidak menurun drastis ketika kembali berkumpul untuk memulai persiapan tampil di Liga 1.