Generasi Pemain Senior Sudah Habis, Shin Tae-yong Persiapkan Era Baru yang Lebih Segar di Timnas Indonesia

Pelatih , , banyak memanggil pemain muda ke pemusatan latihan di Jakarta. Begitu mereduksi komposisi untuk berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pria asal Korea Selatan ini masih memercayai darah-darah segar.

Shin Tae-yong melibatkan delapan pemain yang bergabung dengan pada tahun lalu di skuat senior saat ini sebagai persiapan untuk Zona Asia di Dubai.

Shin Tae-yong merasa perlu melakukan penyegaran di . Sebab, pemain-pemain senior yang sebelumnya menghuni tim berjulukan Skuad Garuda ini telah terbukti gagal total.

Sebelum dipimpin oleh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia selalu kalah dalam lima partai Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Akibatnya, Skuat Garuda terpuruk di dasar klasemen.

“Ketika bermain dalam lima partai sebelumnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia selalu kalah. Pemain terlihat kurang motivasi,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi untuk memberikan motivasi dan menunjukkan performa dalam laga selanjutnya agar lebih baik lagi, mungkin ini saatnya mengganti dengan generasi baru Timnas Indonesia,” jelasnya.

Nama-nama pemain senior yang menjadi langganan Timnas Indonesia di era pelatih Simon McMenemy, seperti , , dan kehilangan posisi di era Shin Tae-yong.

Selain untuk memulai era baru di Timnas Indonesia, pemilihan para pemain muda juga karena mental mereka masih segar dan kondisi fisik yang masih bisa ditingkatkan.

“Setelah kompetisi tidak bergulir selama satu setengah tahun, performa pemain menurun. Otomatis kondisi fisik menurun juga,” imbuh Shin Tae-yong.

“Jadi dalam pemusatan latihan ini, saya memanggil pemain muda supaya bisa mengubah mental para pemain dan kondisi fisik mereka agar lebih baik. Dengan fisik yang kuat, kami bisa menunjukkannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022,” tuturnya.

Berita Terkait