Shin Tae-yong beberkan kondisi pemain jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi para pemainnya yang dinilainya belum maksimal menjelang keberangkatan ke (UEA) mengikuti lanjutan laga Grup G Kualifikasi zona Asia.

“Performa pemain baru hampir 50 persen,” ujar Shin usai memimpin latihan skuadnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, salah satu penyebab utama kondisi tersebut adalah para pemain tengah menjalani puasa.

Harus menahan lapar dan haus nyaris sepanjang hari membuat asupan nutrisi dan latihan menjadi tidak maksimal.

“Ketika berpuasa, konsumsi gizi sangat kurang. Itu membuat sulit meningkatkan kondisi fisik dan mental,” tutur Shin.

Situasi lain yang membuat performa para pemain belum mencapai standar Shin adalah belum bergulirnya liga sepak bola profesional Indonesia sejak dihentikan pada pertengahan Maret 2020.

Pelaksanaan 2021 pada 21 Maret-25 April dianggapnya belum cukup untuk mengasah kemampuan para pemain timnas.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong sepertinya cukup realistis dalam menyambut tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di UEA.

Skuad Garuda nantinya melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Sebelum itu, akan menghadapi dua laga uji coba di UEA yaitu menghadapi Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei 2021.

“Memang sebaiknya kami memenangi tiga laga grup itu. Namun, yang penting kami harus bisa menunjukkan bahwa sepak memiliki harapan cerah,” kata Shin.

Timnas Indonesia sejak 1 Mei menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya Gelora Bung Karno sebagai persiapan menuju lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada Selasa malam, timnas melakukan pertandingan internal antara tim Biru dan Putih. Laga 2×35 menit itu dimenangkan tim Putih dengan skor 3-1.

Gol-gol Putih dicetak oleh Evan Dimas, Ady Setiawan dan . Sementara gol Biru dilesakkan Muhammad Rafli.

Timnas dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, ke UEA pada Senin (17/5) dini hari.

Berita Terkait