Asnawi Mangkualam Mengaku Belum Nyaman Main Sebagai Penyerang Sayap

Pemain asal Indonesia, , menjalani peran yang tidak biasa selama membela klub K League 2, Ansan Greeners. Terbiasa bermain sebagai bek kanan, di sana Asnawi diplot pelatih Kim Gil-sik sebagai penyerang sayap.

Hal tersebut membuat Asnawi harus belajar lagi, namun ia terus menikmati setiap tantangan yang diberikan oleh pelatih kepadanya. Meski, dirinya mengaku belum merasa nyaman sepenuhnya ketika harus dimainkan sebagai seorang winger.

“Kalau nyaman, memang belum. Posisi di winger belum, harus adaptasi lagi di posisi baru. Harus tahu kapan naik-turun, kapan membawa bola dan kapan mengumpan. Butuh adaptasi, tidak bisa instan,” ujar Asnawi via Instagram PSSI.

Sejatinya, perubahan posisi bukan hal yang baru untuk pemain asal Makassar ini. Ketika pertama merambah dunia sepakbola profesional, Asnawi merupakan sosok gelandang energik yang rajin bertahan dan menyerang, seperti saat di .

Saat dirinya mulai rutin menjadi langganan timnas Indonesia level junior, dari mulai U-19, pelatih yang membesut timnas U-19 kala itu membuatnya memainkan posisi bek kanan. Posisi tersebut akhirnya menjadi paten untuk Asnawi.

“Sama seperti dahulu, dari gelandang ke bek kanan. Butuh adaptasi juga saat pertandingan, biar menyatu dengan teman-teman lain,” singkat mantan andalan Makassar ini.

Menurut Asnawi, dengan kebiasaan dirinya yang bisa berubah posisi, hal tersebut akan memberikan dampak baik. Orang-orang nantinya bakal menilai Asnawi sebagai pemain serbabisa, dari mulai gelandang, bek sayap, hingga sekarang penyerang sayap.

“Jadi saya tidak masalah dipasang di mana pun. Bagus buat saya dan bisa belajar. Dengan banyak posisi, bisa saja ‘oh, Asnawi bisa main di banyak posisi dan kita ambil’. Kalau cuma satu posisi mungkin klub mikir. Kalau bisa di banyak posisi bisa dapat klub bagus,” urainya.

“Akan lebih mudah mendapatkan klub yang bagus. Saya terus beradaptasi di posisi baru. Mesti tahu kapan harus naik, kapan turun. Lalu kapan mesti menggiring bola, kapan mengoper. Hal itu tidak bisa instan,” jelas dia soal posisi sayap kanan yang kini ia jalani.

Rencananya Asnawi akan gabung pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia pada 18 Mei nanti, di Uni Emirat Arab (UEA). Saat ini Asnawi masih menjalani pemulihan cedera yang ia dapatkan ketika membela Ansan Greeners, berupa hamstring.

Berita Terkait